Apa itu Birth Plan?

Kebanyakan orang tua muda hampir melupakan pentingnya Birth Plan pada proses persalinan nanti. Menurut saya, Birth Plan adalah salah satu hal penting yang harus difikirkan secara matang bagi setiap calon orang tua, terutamanya orang tua baru seperti saya ini.

Birth plan adalah sebuah cara yang bisa kita lakukan untuk dapat berkomunikasi dengan pihak-pihak lain yang terkait dengan proses persalinan nantinya. Baik itu dokter kandungan, suster, dokter anak, bahkan rumah sakit. Birth Plan akan memberikan penjelasan yang terperinci tentang hal-hal apa saja yang kita inginkan dan tidak kita inginkan.

Diperlukan persiapan yang matang untuk memulai perancangan Birth Plan ini. Berikut beberapa hal yang saya lakukan:

1.      Mengikuti kelas antenatal.

Kebanyakan dari teman-teman saya tidak mengikuti kelas antenatal. Bahkan mereka tidak tahu apa itu kelas antenatal dan pentingnya mengikuti kelas ini, terutamanya untuk orang tua muda. Saya mengikuti kelas antenatal yang dijalankan oleh rumah sakit dimana saya akan bersalin nantinya (Tropicana Medical Center). Banyak poin penting yang saya dapat dari kelas ini sehinga membantu saya lebih “melek” untuk merancang Birth Plan.

2.      Melakukan riset template Birth Plan.

Cukup banyak template Birth Plan yang bisa kita dapati di Internet. Dari sekian banyak Birth Plan yang saya jumpai, saya merasa bahwa Birth Plan yang saya dapat dari kelas laktasi di SusuIbu sudah mencukupi kebutuhan saya nantinya. Birth plan yang saya ambil ini memang lebih menjurus kepada betapa saya dan Encik Suami menginginkan adanya Inisiasi Menyusu Dini dan ASI ekslusif. Berikut contohnya:

3.      Berkomunikasi dengan Encik Suami.

Ada beberapa poin juga yang saya bincangkan dengan Encik Suami mengenai Birth Plan ini. Seperti bagaimana proses pembuangan ari-ari nantinya dan apakah Encik Suami bersedia untuk memotong tali pusar si kecil ketika dia lahir nanti.

Jadi, jangan sampai melewatkan pentingnya Birth Plan ini ya Moms!

Love,

Calon BunBun

Related Post

Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on Google+0Share on Facebook4

Please care to leave nice comment :)