Balada Mie Korea

Rasanya sudah hampir satu tahun ini masyarakat kita mulai kena demam mi instan ala Korea. Setelah kemarin-kemarin sempet demam OVOMALTINE yang kayaknya sekarang udah gak booming lagi, merekapun berbondong-bondong mencoba mi instan ini.

Samyang..

Kalo di kita sih Indofood. Kalo di Korea, Samyang-lah yang memang merajai pasar mi instan. Berdiri sejak tahun 1961, perusahaan ini memproduksi mi instan baik yang dibungkus dan yang di mangkuk ala Pop Mie.

Gempuran Korea dari segala penjuru menjadikan orang-orang mulai melirik produk-produk makanan dari negeri gingseng ini. Ada yang pernah ngiler gak tiap kali nonton drama Korea terus melihat si artis lagi menghirup kuah ramen langsung dari mangkok?

Mirisnya, saya sering melihat teman-teman yang mengkonsumsi produk ini sembarangan. Walaupun jadinya ikut-ikutan demam Korea, tetap kita harus hati-hati memilih makanan, terutamanya jika tidak ada logo halalnya.

Allâh Azza wa Jalla berfirman :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu”. [al-Baqarah/2:168]

Allâh Azza wa Jalla berfirman :

وَكُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ حَلَالًا طَيِّبًا ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي أَنْتُمْ بِهِ مُؤْمِنُونَ

Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allâh telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allâh yang kamu beriman kepada-Nya.[al-Mâidah/5:88]

Nah, sudah jelas dong bahwa masalah halal haram ini memang sesuatu yang bukan main-main. Selalu pastikan semua makanan yang masuk ke badan kita adalah makanan-makanan yang halal.

Balik ke mie Korea tadi, saya banyak melihat teman-teman di Indonesia sudah banyak mencari dan ingin merasakan sensasi Korea di ujung lidah mereka. Dari pengamatan saya, kebanyakan mie Korea yang dijual secara bebas di mini market atau supermarket di Indonesia tidak ada logo halalnya. Justru yang berlogo halal adalah mie Korea yang dibawa secara perseorangan dari Malaysia.

Iya dari sini…

Alhamdulillah disini merk mie Samyang memang sudah ada logo halal-nya jadi tidak perlu takut untuk dikonsumsi. Logo halal yang dikeluarkan oleh Korea Muslim Federation Halal Committee ini memang telah resmi diakui oleh Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM). Bisa lihat infonya disini.

img_7485

Lambang Halal dari Korea Muslim Federation Halal Committee

Untuk rasanya sendiri, saya dan encik Suami cukup puas. Mie Korea ini memiliki porsi yang cukup besar dari Indomie dengan konsistensi mi yang lebih kenyal dan besar. Favorit kami adalah varian Yukgaejang yang memiliki rasa mirip dengan Indomie kaldu ayam tetapi lebih enak!

Masalah harga memang cukup menguras kantong. Dibandrol mulai harga RM15/pack – RM25/pack. 1 pack berisi 5 bungkus mie dengan masing-masing berat kurang lebih 120gr. Makanya, makan sebungkus dijamin kenyang!

20160822_105643630_ios

Harga Mi Samyang di AEON

Gimana? Masih tertarik untuk mencoba? Jangan lupa untuk selalu mengecek logo halal di kemasannya ya.

20160902_015541000_ios

Photo by: @ndien_bgt

 

Love,

Bubunya Daanya

Related Post

Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on Google+0Share on Facebook43

10 Comment

  1. Udah pernah nyoba, dapat yang berlogo halal itu juga. Setelah nyoba, kembali ke selera asal. Lebih doyan Indomie dikasih cabe rawit. Hehehe..

    1. Ihh.. kita sama banget. Aku juga lebih doyan indomie selera ku sih..

  2. Mksh info nya mba. Blm pnh cobain samyang ini. Tp klo nanti coba sy cek logo halalnya dlu pasti..

    1. Sila di coba. Yang jelas harus selalu teliti yaa mba. 🙂

  3. Aku sukaaaaa mie samyang ini. Yg paling aku suka yg keju mbak.. ama kmrn baru coba yg kuah, juga enaaaak ^o^. Nagih jadinyaa.. walopun pedesnya msh kurang sih kalo buatku yg pecinta pedes. Pernah cobain yg samyang cool, yg katanya 10% lbh pedes, ttp aja sih msh blm bikin aku nyerah makannya :D.

    1. Waaaahh.. aku malah baru tau ada yang keju ama yang cool. Makasih infonyaa mba Fanny. langsung meluncur ke supermarket terdekat. Hehehehehe

  4. Saya prefer Shin Ramyun original nan berkuah. Ditambah sesendok makan gochujang, wiihh rasanya lebih mantap dan kuahnya kental.

    1. Saya ngebayanginnya kok sambil nelan ludah ya. Hahahahaha…

  5. kalo halal gini kan asyik..
    kita jadi bisa ichip2 mi kore dengan tenang..jadi tahu khas kuliner disana,,,

    1. betuul mba.. 🙂

Please care to leave nice comment :)