[Book Review]: Doa Doa Pilihan – Doa dan Adab Bersumber dari Al-Quran dan Hadits Shahih

Doa…

Bagaikan sebuah peluru yang akan menghujam dengan pesatnya jika kita fokus dan yakin dengan kekuatannya.

إِذَا سَأَلْتَ فَاسْأَلِ اللَّهَ، وَإِذَا اسْتَعَنْتَ فَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ

Apabila kamu meminta, maka mintalah kepada Allah, dan apabila kamu meminta pertolongan, maka mintalah pertolongan kepada Allah.” (HR. Tirmidzi, ia berkata: “Hadis hasan shahih,” dan dishahihkan oleh Syaikh al-Albani).

Mengajarkan doa sehari-hari kepada si Kicik merupakan salah satu kurikulum utama di rumah kami. Sebagai orang tua tentunya kami ingin mengajarkan ke-Islam-an sesuai dengan Al-Quran dan Hadits. Baru saya sadari bahwa doa-doa yang diajarkan ketika TK/TPA dulu ternyata masih banyak kekurangannya. Beberapa doa yang saya kenal dan hafal sejak kecil tersebut belum sesuai dengan tuntunan dari Nabi Muhammad SAW.

Kesadaran akan pentingnya mengajarkan hal yang benar kepada si Kicik membuat kami mencari berbagai bahan rujukan yang sesuai dengan tuntunan. Akhirnya, berjodohlah kami dengan buku yang satu ini. Doa-doa Pilihan: Doa dan Adab Bersumber Dari Al Quran dan Hadits Shahih yang disusun oleh Nizar Sa’ad Jabal Lc, M.Pd dan diterbitkan oleh Qids.

Banyak hal menarik di dalamnya yang akhirnya membuat saya ingin sekali memperkenalkan buku ini kepada teman-teman semua.

Desain Menarik

Daftar Isi Doa-Doa Pilihan
Daftar Isi Doa-Doa Pilihan

Terdapat 45 doa yang ada di dalam buku yang sangat colorful ini, sehingga akan menarik minat baca anak ketika membacanya. Tidak hanya kaya akan warna, yang menarik juga adalah terkait dengan gambar manusia yang ada di buku ini. Disini, gambar setiap orang dibuat tidak sempurna, terutamanya di bagian wajah. Sehingga lagi-lagi kami bisa menjelaskan mengenai Hukum Menggambar Makhluk Bernyawa, pengetahuan yang harus dipahami si Kicik.

Selain itu, kertas buku yang glossy membuat buku ini lebih elegan dan mudah untuk dipegang anak-anak.

Transliterasi Arab-Latin

Doa Berbuka Puasa
Transliterasi Doa Berbuka Puasa

Berbagai doa dibaca dan dihafalkan si Kicik langsung dari buku ini. Doa-doa tersebut tidak hanya ditulis dalam bahasa Arab tetapi juga diberikan transliterasi Arab-Latin. Khusus untuk si Kicik, hal ini cukup efektif untuk proses menghafalnya. Ketika si Kicik merasa tersendat dan kebingungan, transliterasi Arab-Latin ini sangat membantu.

Memiliki Rujukan Hadits di Setiap Doa

Doa Ketika Bersin
Hadits Sebagai Rujukan

Tidak hanya sekedar menginformasikan bacaan doanya saja, kita sebagai orang tua juga bisa mendapatkan informasi rujukan hadits yang digunakan, lengkap dengan nomornya. Disini, kita juga kemudian bisa menjelaskan bahwa betapa pentingnya melakukan suatu ibadah dengan tuntunan yang betul. Ada tuntunan utama yang kita rujuk dalam setiap ibadah yaitu Al Quran dan hadits. Tidak hanya itu, penulis juga menyertakan daftar referensi sebagai bahan rujukan orang tua.

Dilengkapi dengan Adab

Doa Sebelum Makan
Adab Makan

Sebagai orang tua, tentu kita menginginkan anak-anak dengan perilaku yang baik. Disinilah adab itu perlu diperkenalkan kepada mereka. Tidak hanya diperkenalkan secara lisan tetapi juga dipraktekan bersama.

Disini, anak-anak akan dapat mengetahui pentingnya adab. Mengapa? Karena di setiap perilaku sehari-hari, tidak hanya doa saja yang kita lantunkan tetapi juga mengetahui dan menjalankan berbagai adab. Adab dalam Islam akan memberikan kemaslahatan yang baik untuk kita di dunia dan akhirat. Insya Allah.

Doa sehari-hari akan memberikan banyak sekali manfaat untuk anak-anak. Mengajarkan kepada mereka bahwa betapa pentingnya kita meminta kepada Allah Azza Wa Jalla dalam setiap hal yang kita lakukan.

Secara keseluruhan, kami sekeluarga sangat menyukai buku ini. Buku Doa Doa Pilihan bisa didapatkan di Yufid Store dengan harga Rp 35.000. Dengan investasi yang tidak banyak ini, Insya Allah kita bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa dari buku ini. Mencetak anak-anak soleh yang selalu berdoa, beramal dan memiliki akhlak yang mulia. Aamiin..

خَيْرُ مَا يُخَلِّفُ الرَّجُلُ مِنْ بَعْدِهِ ثَلَاثٌ وَلَدٌ صَالِحٌ يَدْعُو لَهُ وَصَدَقَةٌ تَجْرِي يَبْلُغُهُ أَجْرُهَا وَعِلْمٌ يُعْمَلُ بِهِ مِنْ بَعْدِهِ

“Sebaik-baik perkara yang ditinggalkan oleh seorang laki-laki sepeninggalnya ada tiga; anak shalih yang mendoakannya, sedekah jariyah yang pahalanya sampai kepadanya serta ilmu yang diamalkan oleh orang sepeninggalnya.” (HR. Ibnu Majah, no. 237)

Yuk banjiri lingkungan kita dengan anak shalih!

Love,

Bubunnya Aqeela

Dian Mariesta

Author: Dian Mariesta

You can call me Dian, a housewife living in the middle of hustle bustle of Kuala Lumpur but still cannot forget my own “kampong”, Indonesia. Living for more than 10 years in Malaysia still make me a pempek-lover, bakso addict, gado-gado enthusiasts, and bakmi devotee. Photography and writing are one of the things that keep me sane throughout my day as a devoted housewife.

Related Post

Please care to leave nice comment :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.