Ke Petrosains KLCC: Perjalanan yang ‘menyentilku’

Minggu kemarin, saya dan dia seperti biasa memutuskan untuk jalan-jalan sebelum saya pulang ke UUM. Rencana awalnya kita cuma ingin hunting disekitaran KL. Kebetulan sebelum kami memulai hunting, saya dan dia ke KLCC dulu sebentar karena ada yang ingin saya beli.

Tapi tiba-tiba, kami berpikiran untuk melihat PETROSAINS. Semacam musium teknologi milik Petronas yang letaknya kebetulan di KLCC, salah satu mall kebanggannya Malaysia. Saya excited sekali ketika kami memutuskan untuk melihat-lihat isi petrosains ini. Sudah lama rasanya saya tidak pernah ke tempat2 seperti ini.

Dari semua ‘wahana’ yang ada di petrosains ini, satu yang menurut saya paling menarik adalah ketika mereka memperkenalkan mengenai wayang Malaysia. Sempet kaget pada awalnya dan bahkan sempet sedikit kesel pada akhirnya.

Bukan karena kesel bahwa lagi-lagi mempermasalahkan Malaysia mempromosikan wayangnya tetapi saya kecewa karena Indonesia belum bisa membuat sesuatu yang kurang lebih sama dengan apa yang saya lihat di Petrosains.

Sedih rasanya ketika masyarakat kita sibuk berkoar-koar tentang kebudayaanya yang “katanya” dicuri oleh Malaysia pada masa ini bukannya memiliki kesadaraan untuk melindungi budayanya dari kemarin-kemarin…

Sedih rasanya ketika mendengar bahawa justru para mahasiswa Indonesia yang terkesan hanya berfikir dengan emosi saja bukan dengan pikiran yang bersih tentang isu ini sampai-sampai mereka rela untuk melakukan sweeping terhadap mahasiswa Malaysia…

Sedih rasanya ketika mendengar bahwa orang Indonesia dianggap anarkis dan kemana masyarakat yang ramah yang menjadi icon Indonesia dimata dunia…

Sedih rasanya melihat percakapan para ‘pelaku dunia maya’ ketika saling mencaci maki Malaysia dengan menggunakan kata-kata yang sewajarnya tidak perlu diucapkan..

Saya tidak memihak Malaysia…
Saya tidak sepenuhnya menyalahkan Malaysia…

Tetapi saya juga tidak sepenuhnya menyalahkan Indonesia…

Hanya menurut saya, bukankah lebih baik apabila kita lebih berfikir jernih dengan kepala dingin. Karena saya percaya, semua permasalahan di dunia ini tidak akan selesai dengan adanya emosi dari kedua belah pihak.

Justru saya akan merasa lebih senang jika masyarakat Indonesia bersikap lebih diplomatis dalam menghadapi masalah ini…

Gimana temen-temen??

Oya, untuk temen-temen di Malaysia atau ingin datang kesini, saya sangat merekomendasikan Petrosains untuk jadi pilihan destinasi liburan kalian… 🙂

Related Post

Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on Google+0Share on Facebook0

4 Comment

  1. ternyata kuliah disana beberapa waktu telah membuat pikiran anda begitu maju. saluutt !!
    coba tolong sampaikan pikiran anda itu pada keluarga TKI korban penyiksaan disana.
    jelaskan pikiran anda itu pada mereka.. 🙂
    salam-

  2. diplomasi kita memang kalah jauh dibandingkan jamannya bapak2 pioneer negara ini. sosok seperti bung karno atau agus salim kayaknya cuma memory.

  3. nice kaka..^_^”

Please care to leave nice comment :)