Khilafah – Felix Y Siauw (2014)

Jika Anda di berikan buku yang bertemakan SEJARAH + POLITIK + AGAMA, apa yang ada di pikiran Anda?

“Bosen ah.. Pasti baru baca satu halaman aja, saya udah ngantuk.”

“Aduh, kok bukunya berat banget ya? Ada sejarahnya. Ada tentang agamanya juga. Ditambah lagi ama urusan politik. Saya gak ngerti yang begituan.”

Tapi, jika buku tersebut dibalut dengan berbagai infografik dengan kertas warna warni plus huruf-huruf yang menarik, apakah masih merasa bosan, ngantuk, atau malas untuk membacanya? Disinilah kejeniusan Ustadz Felix Siauw dan tim dalam meramu buku yang membuat para (bukan) pecinta buku menjadi betah berlama-lama membacanya (salah satunya si Encik Suami).

 

2kecil

Sejujurnya, saya cukup banyak tertohok selama membaca buku ini. Dengan kalimat yang sederhana namun lugas, Ustadz Felix Siauw dan tim betul-betul memberikan penjelasan yang cukup mendalam mengenai Khilafah. Sedikit latar belakang mengenai peradaban dunia pada masa yang lalu dan dilanjutkan dengan peradaban Islam, saya tidak sadar bahwa pada lembar-lembar tersebut, beliau sedang berdongeng mengenai sejarah Islam. Memberikan gambaran betapa gemilangnya Khilafah di masa lalu dan betapa sukarnya mewujudkan Khilafah di masa kini. Membuka mata saya bahwa kecintaan pada Allah adalah keutamaan dan kebanggan kepada Allah adalah keharusan. Bukan membangga-banggakan bangsakulah yang terbaik, sukukulah yang lebih baik, golongankulah yang paling terpandang, dan margakulah yang paling baik di atas ikatan akidah dan ukhuwah Islamiyah.

Jadi inilah ternyata pemikiran si Encik Suami selama ini. Akhirnya saya mengerti.

Terima kasih sudah mengenalkan buku ini, Ayah-yang-tidak-suka-baca. 🙂

 3kecil

 

Love,

Bunbunnya Daanya

 

 

Kutipan dalam buku Khilafah – Felix Y Siauw (2014):

“Dalam terminologi Islam, negara yang menerapkan syariah Islam inilah yang dikenal dengan KHILAFAH.”

“Dalam pemerintahan Islam, kekuatan (power) memang ada di tangan umat, namun kedaulatan (sovereignty) ada di tangan Allah semata sebagai penentu baik buruk.”

“Mengatakan bahwa Islam adalah agama yang mengurusi masalah ibadah dan akhlak, sama saja menuduh Allah tidak menurunkan aturan yang sempurna pada ummat-Nya. Maka Allah menyuruh manusia untuk taat secara keseluruhan dan tidak memilih dan memilah hukum-hukum yang Dia turunkan kepada manusia. Karena apapun yang Allah perintahkan pastilah baik bagi ciptaan-Nya.”

Related Post

Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on Google+0Share on Facebook1

3 Comment

  1. Wah berwarna sekali ya mak bukunya. Sudah pasti bikin betah bacanya.

    1. Bener banget mak. Betah deh bacanya krna warna warni gitu..

  2. Paten kali ya tulisan bunbun..sepsep..posting di fb felix siauw tros.

    Btw, penukisnya bukan felix siauw, isinya dia. Yg menuangkan kedalam bentuk tulisan dan grafik itu ada namanya disitu juga. Harus diberi kredit juga..

Please care to leave nice comment :)