Klinik 1 Malaysia: Jaminan Kesehatan Berkualitas Seharga 1 Botol Air Mineral


Jika di Indonesia kesehatan warganya dijamin dengan BPJS, Malaysia mempunyai primadonanya sendiri dalam mensejahterakan kesehatan warganya yaitu Klinik 1 Malaysia.

Beroperasi sejak tahun 2010, Klinik 1 Malaysia menjadi oase bagi para warga negara Malaysia yang kekurangan dari segi finansial tetapi menginginkan adanya jaminan kesehatan yang berkualitas. Bayangkan saja, dengan hanya membayar RM1 atau kurang lebih setara dengan Rp. 3000, warga negara Malaysia bisa mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas dengan layanan yang baik. Sedangkan untuk warga negara asing, mereka hanya akan dikenakan biaya sebesar RM15 atau setara dengan Rp. 45.000.

Program kesehatan ini dicanangkan oleh Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Najib Tun Razak yang kala itu memang dikenal dengan program 1Malaysia-nya. Gagasan 1 Malaysia ini adalah program pemerintah Malaysia yang bertujuan untuk bisa memberikan kesejahteraan kepada rakyatnya.  Cukup banyak program yang mereka tawarkan. Seperti bantuan buku untuk para pelajar, Bantuan Rakyat 1 Malaysia (ala ala BLT seperti di Indonesia), perumahan rakyat, investasi saham yang didukung oleh pemerintah, hingga biaya melahirkan sebesar RM3 dengan servis kelas satu (WOW!!). Nah, salah satu program unggulan mereka ya ini, Klinik 1 Malaysia.

1

Dikutip dari The Star

Kebetulan, ada satu Klinik 1 Malaysia yang letaknya sekitar 1km dari apartemen kami. Tapi jujur, kami pribadi belum pernah berkunjung ke klinik ini. Adanya fasilitas kesehatan dari kantor Encik Suami, menjadi pilihan utama untuk berobat di klinik atau rumah sakit swasta yang di cover oleh pihak perusahaan.

Yang menarik adalah salah satu janji pemerintah Malaysia yang mereka umbar di awal pembangunan klinik 1 Malaysia. Walaupun mereka membangun Klinik Pemerintah dengan harga yang sangat murah, pemerintah membatasi jumlah klinik ini sehingga tidak mengganggu operasional klinik swasta. Hal inilah yang kemudian menjadi pertimbangan kami untuk memilih klinik swasta karena lebih mudah untuk ditemui. Tinggal naik lift ke lantai dasar, VOILA! sudah ada klinik kesehatan swasta di dalam kawasan apartemen kami.

Hingga saat ini, terdapat 334 buah klinik yang tersebar di seluruh penjuru Malaysia. Servis yang mereka tawarkan? Cukup bervariasi loh! Mulai dari penyakit ringan seperti batuk pilek, hingga pengobatan untuk penyakit kronis seperti diabetes dan darah tinggi. Masyarakat juga bisa melakukan tes urin, HIV dan TB di klinik 1 Malaysia ini. Mereka buka setiap hari sejak pukul 10 pagi hingga 10 malam, bahkan pada saat tanggal merah.

Informasi lanjut mengenai Klinik 1 Malaysia bisa di akses di link berikut. Lokasinya? Ada di link ini ya.

Kalau cerita tentang sistem kesehatan di Indonesia ini sekarang gimana ya? Yuk simak kisah sahabat saya tentang “Pengalaman Menggunakan BPJS Kesehatan”.

Love,

Bubunnya Aqeela

 

*) Tulisan ini adalah collaborative blogging #ceritaduabunda saya bersama Bundien dengan tema “Sistem Kesehatan”

*) Cakep ya backdrop yang saya gunakan di feature image? Tau gak ternyata harganya cuma 20rb per lembar untuk ukuran A3 loh! Silahkan galau liat designya di sini ya.

Related Post

Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on Google+0Share on Facebook1

3 Comment

  1. wow.. murah meriah ya bun.. btw ini 1 rm utk sekali berobat ya bun? trs ga perlu daftar dl jd anggota ya? lgsg bisa berobat dmn aja dg bayar 1rm kah?

    1. Iyaa betul.. Untuk satu kali berobat. Setau aku sih, warga tinggal datang bawa IC (KTP/Paspor) aja. Berobatnya di klinik 1 Malaysia mana aja. Kalo BPJS kayaknya hanya di klinik tertentu yang sudah ditunjuk aja ya?

  2. Terimakasih mbak udah share macam ni 🙂 ijin share

Please care to leave nice comment :)