Maryamah Karpov by Andrea Hirata (2008) dan The Naked Traveler by Trinity (2008)

Waahhh..udah lama banget dian gak nulis tentang buku2 yang udah dian baca. Nah 3 buku terakhir yang dian baca adalah:

 

a. MIMPI-MIMPI LINTANG: MARYAMAH KARPOVE by Andrea Hirata

Buku keempat dari tetralogi LASKAR PELANGI ini bisa di bilang sebuah penutup yang cukup cantik menurut dian. Tapi dari tetralogi ini, dian menempatkan buku ini diperingkat ke4. Kalo versinya dian sih, urutan buku yang paling bagus dati tetralogi ini adalah:
1. SANG PEMIMPI (buku ke 2)
2. LASKAR PELANGI (buku ke 1)
3. Edensor (buku ke 3)
4. Mimpi-mimpi lintang: Maryamah Karpov (buku ke 4)

Sebenernya buku ini bisa aja masuk ke peringkat ketiga. Tapi kenapa dian masukin di yang paling bawah karena sebagian besar buku ini memang lebih menitikberatkan kepada budaya orang Belitong. Yang ternyata bahwa Andrea ini memberikan genre cultural literary non fiction (karya non fiksi yang digarap secara sastra yang berdasarkan kepada pendekatan budaya). Makanya hampir lebih dari setengah buku ini membicarakan mengenai kebudayaan orang Belitong. And actually it’s really boring for me (sorry!). Tapi semua kebosanan itu terbayarkan ketika sosok Lintang dan laskar pelangi masuk kembali dalam cerita ini. Dari situ, dian liat bahwa lintang adalah betul2 seorang yang sangat LUAR BIASA. Jauh lebih mengagumkan daripada sosoknya di buku Laskar Pelangi dan itu yang membuat dian tidak akan memberi satu bintang untuk buku ini melainkan:

b. THE NAKED TRAVELER by Trinity

Buku ini asik banget buat dibaca. Trinity membagikan bab-bab yang memudahkan kita untuk dapat membaca setiap tips dan pengalaman yang dibuatnya. Kita bisa liat transportasi yang ada di beberapa negara, makanannya dan semua seluk beluk mengenai backpacker termasuk losmen, air port, dan banyak banget hal2 yang bisa kita petik dari setiap pengalaman dia. Cara penyampaiannya asik banget dan yang paling penting, buku ini gak bikin dian bosen. Makanya dian mau kasih:
Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on Google+0Share on Facebook0

2 Comment

  1. hohoho..
    sepakat tuh ma pendapat dian klo untuk buku mimpi-mimpi lintang…
    pdahal dulu pernah denger talkshow d kmpus, klo hirata bkal ngebeberin banyak ttg lintang di buku ini…
    huuuuufffhh…ternyata yng dikupas ttg lintang cuma sgitu doang..
    trus yang menjadi pertnyaan terkahir ttg slurh tetralogi tsbut, which side of those stories are ther real true events or it’s just another fiction stories…

    btw…
    klo yang naked traveller boring ah..kykny si trinity g trlalu asik menarasikan pengalaman doi dalam bntuk cerita…hehehe

  2. iya tuh da…
    sedikit kecewa ama buku yang ke 4 ini…

    Tapi gimanapun juga dian lebih suka the naked traveler daripada keliling dunia dengan 1000 dollar. hehehehehe

Please care to leave nice comment :)