Mendidik Dengan Kekuatan Fitrah

Wah, setiap minggunya NHW yang diberikan oleh IIP memang sukses membuat saya (bahkan encik suami) ikut tertantang menyelesaikannya.

Setelah berkutat dengan NHW 1 hingga NHW 3 kemarin, kali ini kami diberikan tugas untuk me-recap kembali apa yang sudah dituliskan sebelumnya. Menimbang-nimbang kembali apa yang sudah kami tetapkan. Dan tidak hanya itu saja, ada pula reminder sentilan yang dikirimkan kepada kami, apakah kami sudah menjalankannya atau belum?

Karena inti dari apa yang sudah dituliskan sebelumnya bukan hanya tercatat di atas kertas saja tetapi juga HARUS dilakukan. Untuk apa? Untuk mencapai Misi Hidup yang sudah saya tentukan sebelumnya.

Yuk, kita recap bersama!

Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

Alhamdulillah.. Jurusan ilmu yang sudah saya tentukan di NHW #1 masih tetap saya pegang kokoh hingga hari ini. Lebih mempelajari, memahami dan menerapkan prinsip dan ilmu Islamic Parenting di dalam keluarga kecil kami.

 

Mari kita lihat Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

Insya Allah.. Jujur, setiap hari saya memang terbayang-bayang dan terngiang-ngiang dengan apa yang sudah tuliskan di NHW #2. Seperti sedang membuat “Surat Perjanjian” dengan diri sendiri. Ya namanya surat perjanjian, harus dan wajib hukumnya di jalankan. Walaupun terkadang ada saat-saat dimana iman ini turun dan kemudian janji tersebut tidak ditunaikan. Namanya juga manusia ya.. 🙂

 

Baca dan renungkan kembali Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

Rasanya kita tidak perlu membayangkan apa maksud Allah SWT menciptakan kita di muka bumi ini. Kita sudah tau dan merasakan maksud tersebut dekat sekali, bahkan lebih dekat dari urat nadi kita sendiri. “Menjalankan hidup berdasarkan tutunan yang sudah diajarkan Sang Maha Pencipta”. Lalu bagaimana saya bisa mengaitkan dengan bidang yang ingin saya kuasai di NHW#1. Jawabannya memang ada di depan mata saya selama ini. Belajar lebih dalam mengenai Islamic Parenting agar bisa memahami bagaimana mengasuh si Kicik dengan nilai-nilai Islam yang sesuai dengan tuntunan yang telah di berikan. Misi inipun harus terus dapat dipegang teguh agar nantinya peran saya sebagai GURU KEHIDUPAN untuk si Kicik bisa terpenuhi.

Secara Ringkasnya:

Misi Hidup : Agar bisa menjadi Guru Kehidupan yang terbaik untuk si Kicik
Bidang : Islamic Parenting
Peran : Pendidik, Inspirator dan menjadi Teman Baik

 

Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.

Agar saya bisa memahami dan fasih betul dengan dunia Islamic Parenting ini, banyak hal yang bisa saya lakukan. Seperti mengikuti kajian, diskusi atau public talk baik secara online maupun offline. Salah satu yang paling mudah untuk diikuti adalah kajian-kajian yang bisa saya tonton di Youtube. Banyak sekali para pakar Parenting menggunggah video public talk mereka. Mulai dari latar belakang bidang psikologi praktis, akademisi, dokter hingga para Ustadz dan Ustadzah.

Selain itu, ada banyak referensi buku-buku yang bisa saya selami untuk memahami lebih dalam mengenai ilmu ini. Saat ini yang sedang bertengger di rak lemari saya adalah “Golden Ways Anak Sholeh” karya Ustadz  Zainal Abidin bin Syamsuddin, Lc. Sedangkan buku terkait dengan non Islamic parenting yang saya tunggu-tunggu untuk dibaca adalah “Teach Like Finland” oleh Timothy D. Walker yang posisinya saat ini pun masih tersimpan dengan rapi di rak buku.

Seiring sejalan dengan bidang ini, sayapun ingin juga lebih memahami mengenai Tauhid secara benar. Dengan pondasi yang kuat dari pemahaman ini maka proses mempelajari Islamic Parenting akan lebih mudah. Adapula sebuah buku karangan Abu Ameenah Bilal Philips berjudul “The Fundamentals of Tawheed” yang masih menjadi PR besar saya untuk bisa memahaminya agar bisa menjadi dasar utama saya untuk mendidik Aqeela dan mengaplikasikannya dengan nilai-nilai yang ada di Islamic Parenting.

Saya sangat tertarik dengan ilmu-ilmu yang diterapkan oleh Rasulullah SAW dalam membimbing anak-anak beliau. Ilmu yang ingin saya kuasai lebih kepada:

  • Panduan kehidupan sehari-hari berasaskan nilai-nilai Islam
  • Penanaman Tauhid dan tidak hanya sekedar tahu saja tetapi memahami betul apa yang dimaksud dengan Tauhid
  • Mendidik anak sesuai dengan panduan-panduan Islam

 

Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

Bisa dibilang saya sudah memulai perjalanan ini. Mempelajari hal yang berkaitan dengan Islamic Parenting sudah saya lakukan sejak beberapa tahun kebelakangan ini. Jujur, perjalanan ini memang cukup lambat. Banyak sekali halangan-halangan yang saya temui.

Tapi tidak ada salahnya dong untuk memulai Milestone ini kembali dari awal:

KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : Menguasai Ilmu seputar Tauhid
KM 1 – KM 2 (tahun 2 ) : Menguasai Ilmu seputar Psikologi Anak
KM 2 – KM 3 (tahun 3 ) : Menguasai Ilmu seputar Islamic Parenting
KM 3 – seterusnya : Mengaplikasikan ilmu-ilmu sebelumnya yang sudah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari

Walaupun terkesan hanya dipelajari dalam tahun-tahun tertentu tetapi mempelajari ini semua tentu memerlukan waktu yang panjang.

 

Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

Selalu koreksi, berikan penambahan atau pengurangan item-item yang diperlukan agar bisa mempelajari ini secara maksimal. Insya Allah..

Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan

Bismillah.. Semangaaat!!

#NHW

#DAY #4

#MENDIDIKDENGANKEKUATANFITRAH

#MATRIKULASI BATCH #5

Love,

Bubunnya Aqeela

dianmariesta

Author: dianmariesta

You can call me Dian, a housewife living in the middle of hustle bustle of Kuala Lumpur but still cannot forget my own “kampong”, Indonesia. Living for more than 10 years in Malaysia still make me a pempek-lover, bakso addict, gado-gado enthusiasts, and bakmi devotee. Photography and writing are one of the things that keep me sane throughout my day as a devoted housewife.

Related Post

1 Comment

  1. […] tertentu ketika si Kicik sedang sekolah atau tidur. Baik buku-buku yang sudah saya sebutkan di NHW sebelumnya, maupun buku-buku penunjang […]

Please care to leave nice comment :)