Menjadi Freelancer di Sribulancer

Bermula dari kegelisahan yang muncul ketika si Kicik mulai masuk sekolah. Memang sih, sekolahnya hanya beberapa jam saja. Tapi, rasa bosan dan linglung sering datang ketika masa-masa kicik mulai sekolah. Bingung gak tau harus ngapain.

Berawal dari kelinglungan ini, Encik Suami menawarkan saya untuk mencari job sampingan yang bisa saya lakukan di rumah tanpa harus datang ke kantor. Beberapa kali mengajukan permohonan pekerjaan untuk menjadi freelance writer diterima. Alhamdulillah.. Namun kemudian tiba-tiba projeknya berhenti dan bengonglah kembali saya di rumah.

Lalu kemudian saya diperkenalkan dengan sebuah website para freelancer luar negeri. Bersaing dengan para pencari pekerja lepas dari seluruh dunia rasanya kok susah banget ya. Persaingannya memang cukup ketat dengan banyak requirements yang diperlukan, walaupun dibayar dengan dolar. Iseng mencari via google, ada gak ya platform lokal saja yang menyediakan tempat untuk kami para pekerja lepas mencari uang tambahan.

Ini dia! Sribulancer. Menjadi freelancer di Sribulancer basically memiliki ide yang sama dengan global freelancing platform yang dipakai di luar sana. Search, apply, do it. As simple as that! Saya pun mulai mendaftar di Sribulancer sejak tahun lalu. Apply sana sini di berbagai macam lowongan hingga akhirnya menemukan saya pada satu klien yang membutuhkan skill saya untuk jangka panjang. Alhamdulillah…

Saya pribadi sangat suka dengan platform Sribulancer ini. Memberikan sebuah tempat untuk kami mencari kesibukan namun dengan nuansa lokal. Bayaran dalam Rupiah, komunikasi dengan klien-pun dalam bahasa Ibu dan requirements-nya lebih simple jika dibandingkan dengan global freelancing platform luar negeri.

Beranda Sribulancer

Sedikit tips untuk kalian yang ingin mencari uang tambahan melalui Sribulancer:

Apply terus, pantang mundur

Sama halnya dengan mencari pekerjaan. Kalimat ini harus terus ada di benak kamu ketika melamar pekerjaan di Sribulancer. Jangan cepat ciut jika kamu sudah banyak melamar pekerjaan namun belum juga diterima. Koreksi! Itu salah satu kunci yang harus kamu pahami. Apa yang menyebabkan kamu tidak dipilih. Kurang portfolio? Kurang pengalaman? Atau meletakkan fee yang terlalu berlebihan?

Buat profil semenarik mungkin

Para pencari freelancer tentu akan melihat profil, terutamanya dari portfolio dan sekilas mengenai pribadi kamu. Page About Me menjadi salah satu daya tarik yang bisa memikat mereka. Oleh karenanya, penting untuk bisa menyihir mereka dengan kemampuan yang kamu miliki. Jangan lupa memasukkan pengalaman yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu apply ya.

Subscribe ke newsletter-nya

Hampir setiap hari saya mendapatkan email dari Sribulancer jika ada lowongan pekerjaan yang berkaitan dengan minat saya (walaupun sudah beberapa bulan ini selalu saya acuhkan karena masih terikat dengan projek lain yang masih di handle). Tapi, fitur yang satu ini tentunya sangat membantu untuk para freelancer. Dengan cepat, kita bisa mengetahui jika ada klien yang membutuhkan jasa kita. Terkadang, beberapa klien dengan cepat menutup lowongan pekerjaan jika sudah menemukan freelancer yang tepat. Makanya, jangan sampai ketinggalan untuk apply pekerjaan yang cocok untuk kamu.

Perhatikan proses pembayaran

Penting gak bagian ini? Penting dong ya! Proses pembayarannya hanya dilakukan di setiap hari kerja saja. Permintaan pembayaran yang dilakukan sebelum jam 11:00 WIB akan bisa kamu terima paling lambat jam 23:00 WIB di hari yang sama. Permintaan pembayaran setelah waktu tersebut akan diproses di hari berikutnya.

Potongan gimana? Tentu ada dong. Ada 10% komisi yang kita berikan kepada pihak Sribulancer. Contohnya, kita sudah deal dengan klien untuk mendapatkana fee sebesar Rp 200.000 maka uang yang akan kita dapat bersih adalah Rp 180.000.

Review dari klien sangat penting

Kalo mas gojek bilang, “Minta bintangnya dong, mas/mba”. Nah, sama halnya dengan ini. Bintang ini cukup memberikan andil yang signifikan dalam proses pemilihan. Klien tentu akan melihat etos kerja kita melalui review dari pekerjaan sebelumnya. Jadi, jangan sampai bintangmu ternodai ya.

Gimana guys? Tertarik menjadi freelancer di Sribulancer?

Love,

Bubunnya Aqeela

Dian Mariesta

Author: Dian Mariesta

You can call me Dian, a housewife living in the middle of hustle bustle of Kuala Lumpur but still cannot forget my own “kampong”, Indonesia. Living for more than 10 years in Malaysia still make me a pempek-lover, bakso addict, gado-gado enthusiasts, and bakmi devotee. Photography and writing are one of the things that keep me sane throughout my day as a devoted housewife.

Please care to leave nice comment :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.