Menstimulasi Anak Suka Membaca: Pohon Literasi Kami

Bulan ke-5! Gak terasa ya udah 5 bulan kami (saya, si Kicik dan Encik Suami) mengikuti perkuliahan di Bunda Sayang Institut Ibu Profesional. Lho kok kami? Kan harusnya Bubun aja ya? Tentu tidak! Kuliah ini sengaja menjadi salah satu tambahan kurikulum di keluarga kami. Jadi, yang mendapatkan manfaatnya tidak hanya saya tetapi juga seluruh keluarga. Dan tema bulan ini adalah: Menstimulasi Anak Suka Membaca dengan membuat projek Pohon Literasi.

Since this is my cup of tea, jadinya merasa sangat semangat menjalankan Tantangan 10 Hari di Januari 2019 ini. Sebelum memulai tantangan, yuk kita kenal dulu lebih dalam materi yang di share bulan ini.

Keterampilan Berbahasa dan Menstimulasi Anak Suka Membaca

Dalam materi “Menstimulasi Anak Suka Membaca”, terdapat tahapan yang perlu dilalui anak dalam meningkatkan keterampilan berbahasanya. Yang kemudian ternyata bisa menstimulus mereka untuk lebih suka membaca.

a. Keterampilan Mendengarkan (listening skills)

b. Keterampilan Berbicara (speaking skills)

c. Keterampilan Membaca (reading skills)

d. Keterampilan Menulis (writing skills)

Mendengarkan dan berbicara adalah tahap yang sering dilewatkan orangtua dalam menstimulasi anak-anaknya agar suka membaca. Sehingga hal ini mengakibatkan anak yang BISA MEMBACA, belum tentu terampil mendengarkan dan berbicara dengan baik dalam kehidupan sehari- harinya. Padahal dua hal keterampilan di atas sangatlah penting.” – Materi Sesi #5 Program Bunda Sayang, Institut Ibu Profesional

Hayoo.. ada yang kecolongan? Jujur, kami-pun kecolongan dengan hal ini. Walau memang pada akhirnya si Kicik justru sangat suka membaca, tapi rasanya jika keterampilannya dipersiapkan lebih matang maka hasil yang kami dapat mungkin saja bisa lebih baik.

Jadi, sudah tahu ya pentingnya untuk menstimulus anak agar suka membaca. Kita lanjut ke konsep tantangan yang akan kami jalani selama beberapa hari ke depan.

Konsep Tantangan

Bulan ini, Pohon Literasi menjadi teman baik yang akan menemani hari-hari kami. Di awal tantangan, pohon ini akan sangat gersang dan seiring dengan berjalannya waktu, ia akan semakin rimbun. Dengan tambahan berbagai dedaunan literasi dari Si Kicik, Bubun dan Yayah.

Untuk buku yang akan digunakan rasanya yang ada di rumah aja. Cukup banyak buku yang bisa dimanfaatkan sebaik mungkin selama projek ini berlangsung.

Agar memudahkan proses day-to-day Raise Smart Kid bisa menjadi panduan yang cocok untuk kami aplikasikan karena terdapat tuntunan “before-during-after”. Tinggal nanti saya tuangkan hasilnya dalam bentuk tulisan di IG @dianmariesta.

Reading Tracker & Pohon Literasi

Sebelum memulai tantangan di bulan ini, kami diwajibkan untuk menampilkan Reading Tracker yang dipersiapkan terlebih dahulu. Pada reading tracker ini, akan ada daftar buku apa saja yang akan dibaca seisi keluarga.

Reading Tracker
Reading Tracker

Tidak hanya itu saja, kami diajak untuk membuat Pohon Literasi. Setiap buku yang selesai dibaca, kita bisa menambahkan elemen daun, buah atau bunga ke pohon tersebut.

Pohon Literasi Kami
Pohon Literasi Kami

Insya Allah, foto pohon literasi yang sudah rimbun nantinya akan saya update lagi di sini.

Aplikasikan

Jika memungkinkan, untuk tantangan kali ini kami merancang aktivitas selama 10 hari secara berturut-turut. Insya Allah akan dimulai pada 12 Januari 2019.

There are many little ways to enlarge your child’s world. Love of books is the best of all –Jacqueline Kennedy

Love,

Bubunnya Aqeela

Sumber bacaan:
Materi Level 5 Kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional. 2018. Menstimulasi Anak Suka Membaca
Dian Mariesta

Author: Dian Mariesta

You can call me Dian, a housewife living in the middle of hustle bustle of Kuala Lumpur but still cannot forget my own “kampong”, Indonesia. Living for more than 10 years in Malaysia still make me a pempek-lover, bakso addict, gado-gado enthusiasts, and bakmi devotee. Photography and writing are one of the things that keep me sane throughout my day as a devoted housewife.

Related Post

2 Comment

  1. wah ndak sabar ingin melihat pohon literasinya rimbun dan berbuah ^^

    1. Aamiin.. semoga subur ya mbaa.. hehehehe

Please care to leave nice comment :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.