(Non) Halal

Me : Iā€™m just wondering. Is your restaurant Halal, Non-Halal, or pork-free restaurant?
Them : Definitely, we are a Halal Restaurant. But we use wine in some of our food.
Me : ????

Lucu sekali rasanya ketika pemilik restoran itu berbica dengan lantangnya kepada saya. Ingin tertawa tetapi rasanya tidak sopan. Ingin marah tetapi mungkin dia tidak begitu mengerti apa maksud Halal karena sepertinya dia bukan orang Muslim. Tetapi bahkan kadang-kadang orang Muslim sendiri masih sedikit bingung dengan definisi halal. Termasuk saya, pada awalnya.

Saya : Un, aku penasaran ama restoran itu. Banyak kok orang pake jilbab makan disitu. Berarti tandanya Halal dong.. Kan orang sini (baca: Malaysia), concern banget ama halal gak halal. Eh, tapi kok restorannya nyediain alkohol juga? Gede gitu lagi Bar-nya.
Dia : Aku gak mau ah makan disitu. Gak Halal!!!

Awalnya saya hanya berfikir kalau restoran yang halal itu yang penting tidak mengandung ataupun menggunakan baik sebagian tubuh ataupun cairan yang dimiliki oleh beberapa binatang yang diharamkan secara Islam seperti babi, anjing, dan teman-temannya. Ataupun binatang yang tidak disembelih secara Islam. Plus tidak ada campuran alkohol didalam makanannya.

Ternyata tidak semudah itu.

*masih sedih gara-gara gak bisa makan Sushi King lagii… šŸ™

Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on Google+0Share on Facebook0

1 Comment

  1. Mungkin makanan pada suatu restoran bisa saja memang halal, karena memang menggunakan bahan-bahan yang halal dan melalui proses yang halal juga. Tetapi, bisa jadi karena restoran tersebut menjual minuman keras secara terpisah, menyebabkan restoran tersebut tidak mendapakan sertifikasi halal dari pihak yang berwenang mengeluarkan sertifikasi. Jadi, restorannya “tidak halal”. Tetapi makanananya? ya kita ga tau lah. Saling percaya aja kalau restoran tersebut berani mengatakan kalau mereka menggunakan bahan-bahan yang bersertifikat halal dan melalui proses halal (halal compliant).

    wallahu a’lam bishawab

Please care to leave nice comment :)