Perawatan untuk Bayi Eczema

Cukup banyak merk yang mengeluarkan produk perawatan untuk bayi eczema. Berikut yang digunakan Qeela selama ini:

Steroid Cream

Steroid cream merupakan salah satu pilihan krim yang dapat digunakan apabila eczema yang muncul cukup mengkhawatirkan. Sayangnya, krim ini tergolong cukup keras. Oleh sebab itu, para dokter menyarankan penggunaannya hanya beberapa hari saja (3-5 hari). Kandungan steroid tersebut dapat memberikan efek samping untuk jangka panjang kepada penggunanya.

20140925_144542000_iOS

1. Fucicort
Fucicort ini diberikan oleh dokter anak yang pertama kali menangani Qeela, Dr. Ling Shih Gang di Tropicana Medical Center. Ternyata, Fucicort adalah salah satu krim dengan kandungan steroid yang cukup tinggi. Menurut Datin Dr Mardziah Alias, Fucicort tidak sepatutnya diberikan untuk bayi. Fucicort lebih sesuai diberikan untuk orang dewasa.

2. Efficort 
Dr. Altaf di Klinik kanak kanak TTDI, memberikan krim ini untuk menyelesaikan masalah bercak merah Qeela. Menurut beliau, merk ini memiliki kadar steroid yang lebih rendah berbanding Fucicort. Saya menggunakan krim ini lebih kurang 2 minggu (On-Off dengan jadwal 5 hari dipakaikan dan 2 hari berhenti), tetapi tetap tidak ada perubahan.

3. Hydrocortisone
Datin Dr Mardziah Alias (Paediatric Dermatology) dari KPJ Damansara Specialist, menyarankan untuk menggunakan krim ini. Menurut beliau, berbanding dengan kedua krim yang sudah saya sebutkan di atas, merk ini mengandungi steroid yang paling rendah.

Kami memutuskan untuk menggunakan Hydrocortisone yang dipreskripsikan oleh Datin Dr Mardziah Alias. Apabila bercak merah sudah mulai kelihatan di pipi Qeela, segera saya berikan krim tersebut. Alhamdulillah bercak merahnya tidak menyebar kemana-mana.

Moisturizer

Steroid cream merupakan langkah pengobatan apabila eczema Qeela muncul. Untuk menghindari eczema tersebut kerap muncul, para dokter menyarankan untuk melakukan langkah preventif dengan selalu memberikan pelembab pada daerah-daerah yang rawan.

20140925_144146000_iOS
1. Cetaphil
Merk ini tentu sudah banyak dikenal masyarakat. Saya sendiri sangat menyukai konsistensi krim ini, tidak terlalu lengket dan tidak terlalu basah. Ketika dioleskan, ia akan langsung menyerap ke dalam kulit dan membuat kulit menjadi lebih lembab dengan jangka masa yang cukup lama. Harga yang ditawarkan cukup mahal, RM4x per 100gr.

2. QV
Saya baru mencoba merk ini sekitar 1 minggu. Konsistensinya hampir mirip dengan Cetaphil. Sampai sekarang, belum ada gejala alergi dari Qeela selama menggunakan merk ini. Yang paling menyenangkan adalah harganya yang murah (Yey!). Sekitar RM2x per 100gr, setengah dari harga Cetaphil.

3. Sebamed
Sebamed juga cukup dikenal di kalangan orang-orang yang mempunyai masalah kulit. Sayangnya, Qeela tidak cocok dengan merk ini. Ketika dioleskan, kulit Qeela semakin kering, bersisik, bahkan muncul bintik-bintik merah. Saya juga kurang menyukai konsistensinya yang terlalu creamy dan lengket. Untuk harga sendiri, RM2x per 100gr.

4. Ceradan

Khusus krim ini, saya dapatkan dari Dr. Altaff. Dengan konsistensi yang sangat creamy, beliau menyarankan untuk menggunakan produk ini hanya di bagian yang merah saja.

20140926_032555000_iOS

Saya selalu mengoleskan krim tersebut sehabis mandi dan ketika saya merasa kulit Qeela mulai kering dan bersisik.

Wash & Shampoo

Pada awalnya, saya menggunakan Top to Toe Wash dari Johnson & Johnson. Para dokter menyarankan untuk tidak menggunakan produk tersebut. Untuk bayi eczema, sebaiknya menggunakan produk-produk yang mild.

20140925_144707000_iOS
1. Cetaphil
Jujur, saya kurang menyukai body wash Cetaphil ini. Bukan karena apa-apa, semata-mata body wash ini berbau obat. Sehabis mandi, bau yang saya cium dari Qeela ya bau obat. Tetapi, saya akui bahwa body wash ini benar-benar membuat kulit Qeela lebih lembut sehabis mandi. Sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan merk lain.

2. Sebamed
Bisa dibilang, produk shampoo Sebamed ini adalah favorit saya dari semua rangkain produk perawatan kulit Qeela. Wangi, lembut, dan harganya cukup terjangkau.

Untuk saat ini, itulah beberapa rangkaian produk perawatan untuk Qeela. Jujur, cukup menguras kantong. Tapi, yang namanya orang tua pasti akan memberikan yang terbaik untuk anaknya semampu mereka. Insha Allah, kami terus mampu untuk terus menjaga Eczema-nya tidak semakin memburuk. Sekali-sekali, saya mencoba untuk sedikit mengurangi penggunaan produk-produk ini (terutamanya steroid cream) supaya Qeela tidak terlalu ketergantungan.

Semoga bermanfaat!

Love,

BunBun

 

Related Post

Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on Google+0Share on Facebook12

Please care to leave nice comment :)