Mau Mudik? Peta Jalan Lintas Sumatera 2018 ini Bisa Kamu Download

Saya ingat ketika saya masih duduk di bangku SD. Kami sekeluarga termasuk yang sering berkelana menggunakan mobil ke luar kota, terutamanya ketika Lebaran tiba. Bengkulu, Padang, Pekanbaru hingga ke Medan. Semua ditempuh menggunakan kuda besi Papa yang setia menemani. Dan bukanlah hal yang mudah loh untuk travelling membawa 3 anak yang masih kecil-kecil (bahkan terkadang ditambah dengan anggota keluarga lainnya). Menyusuri jalan lintas Sumatera yang berkelok-kelok, bergelombang, berlubang bahkan bertemu dengan jalan rusak yang sangat parah sehingga kami diharuskan untuk turun dari mobil sebelum bisa melanjutkan perjalanan. Melihat dari kejauhan bagaimana lihainya papa dibelakang setir menembus tanah lumpur yang tebal (this one is pretty scary!).

Masih hangat diingatan ketika dulu saya mengamati Papa kerap membawa sebuah notes kecil selama perjalanan ini. Mencatat berapa banyak liter bensin yang diisi dan kemudian di cocokkan dengan kilometer yang tertera di mobil, hingga larut dalam penghitungan batu-batu kilometer yang ada di pinggir jalan untuk mengetahui seberapa jauh lagi kita akan sampai di kota selanjutnya. Berteriak kegirangan ketika angka yang ada di batu kilometer itu mencercah angka 1, yang artinya 1km lagi kita akan sampai di kota selanjutnya.

Dulu, saya selalu bingung dengan apa yang papa kerjakan ini. Setiap kami melakukan perjalanan mudik tiap tahunnya, notes kecil itu selalu ada di dashboard mobil. Tidak pernah lepas sedikitpun. Hingga akhirnya, saya memahami apa yang dilakukan Papa ini bukanlah sesuatu hal yang main-main.

Dengan ketekunan selama bertahun-tahun, Papa akhirnya berhasil membuat sebuah Peta Jalan Lintas Sumatera yang sangat infomatif. Seingat saya, papa sudah mulai menerbitkan Peta Jalan Lintas Sumatera 1.0 ini sejak belasan tahun yang lalu. Apa yang membuat saya kagum dengan usaha beliau adalah hasil akhir dari jerih payahnya. Bukan materi dan bukan pujian. Tapi semangat untuk berbagi dengan banyak orang untuk membuat perjalanan mereka menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Hampir setiap tahun pula, saya melihat Papa membagikan dengan gratis Peta Jalan Lintas Sumatera ini ke berbagai pihak. Mulai dari rumah makan dan pom bensin di sekitar Jalan Lintas Sumatera hingga kepada teman-teman yang ingin menggunakan peta ini sebagai panduan untuk mereka mudik Lebaran.

Dengan semangat yang sama, sayapun ingin menebarkan manfaat yang telah dikerjakan oleh Papa dengan kerja keras, ketekunan, keuletan dan semangat yang tinggi. I present you, Peta Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) 2018 dengan data terbaru.

Peta Jalan Lintas Sumatera 2018

Untuk mendownload file Peta ini, silahkan klik di link berikut

Disini kamu bisa mengetahui lokasi pom bensin terdekat (bahkan Papa berbagi informasi mengenai SPBU mana yang sering kehabisan BBM), jalan mana saja yang bergelombang hingga rusak, kemungkinan adanya macet pada jalan kecil, lokasi yang rawan longsor dan rawan kejahatan hingga jalan yang kerap dilalui binatang liar. Yang menariknya di tahun ini, Papa juga memasukkan info terbaru mengenai Tol yang ada di area sekitar Jalan Lintas Sumatera.

Walaupun teknologi saat ini sudah sangat canggih, tapi saya yakin Peta Jalan Lintas Sumatera 2018 buatan Papa dapat memberikan informasi seputar Jalinsum dari angle yang berbeda. Plus, peta ini juga bisa dicetak loh sehingga lebih memudahkan kamu ketika membacanya secara langsung.

Insya Allah, Peta Jalan Lintas Sumatera persembahan dari Ir. H. Mulyadi Dt. Marah Bangso ini bisa memberikan banyak manfaat untuk orang banyak.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’no:3289).

Love,

Bubunnya Aqeela

Dian Mariesta

Author: Dian Mariesta

You can call me Dian, a housewife living in the middle of hustle bustle of Kuala Lumpur but still cannot forget my own “kampong”, Indonesia. Living for more than 10 years in Malaysia still make me a pempek-lover, bakso addict, gado-gado enthusiasts, and bakmi devotee. Photography and writing are one of the things that keep me sane throughout my day as a devoted housewife.

Related Post

6 Comment

  1. Sunarti Aisyah says: Reply

    Terima kasih banyak Pak Mulyadi, Peta ini sangat bermanfaat buat kami yg selalu Mudik tiap Lebaran melalui darat, semoga menjadi Ladang Amal buat Bapak ,Aamiin YRA

    1. Doli Abu Daanya says: Reply

      Aamiin.

    2. Aamiin.. Terima kasih banyak Mba Sunarti Aisyah

  2. Bunda azizy says: Reply

    Terimakasih mbak atas tulisannya…saya salah seorang yang merasakan manfaat peta jalinsum yang saya dapat sejak tahun 2012 saat pertama kalinya mudik dari selatan ke utara (banten-padang)..dan selalu tergabung dalam grup Jalinsum Lovers yg di gagas juga oleh Bapak Mulyadi DtMB (atau saya biasa menyapa beliau dengan panggilan Angkel Mul)…semoga semua dedikasi Angkel Mul berbuah pahala…aamiin….

    1. Aaamiin.. Terima kasih kembali, mba.. Terima kasih banyak juga atas doa yang diberikan kepada Papa. Insya Allah postingan selanjutnya akan mengupas tentang Komunitas Jalinsum Lovers yang digagas beliau.

  3. Papamu hebaaaat. Ya ampun berguna banget ini peta kalo nanti aku dan suami planning mudik ke medan dari jkt naik mobil.

    Dulu pas aku kecil, papa juga sering ngajakin kita jalan darat, dari medan ke aceh. Ato ke padang, riau, trus sibolga. Sampe sorkam. Kalo papa juga udh terbiasa ama medan begitum tp suamiku mungkin blm . makanya peta bgini sih membantu banget pastinya

Please care to leave nice comment :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.