Pilihan Paket Internet Malaysia – Home Broadband dan Sim Card

Pake Internet Malaysia 2019

Halo, kembali lagi bersama Yayah. Mumpung ada waktu senggang, saya mau kembali untuk “belajar” menulis. Dan kali ini, topik yang mau saya angkat adalah seputar Internet. Kenapa? Karena untuk zaman sekarang ini, internet sangat krusial di kehidupan kita. Tanpanya, akan menjadi sangat sulit bagi kita untuk mencari informasi, berkomunikasi, bekerja, dan lain-lain. Topik ini juga sangat banyak menjadi pertanyaan bagi setiap orang yang mau datang ke Malaysia, baik sebagai turis maupun yang bakal Hijrah dan menetap di Malaysia. Jadi saya mau bahas pilihan paket Internet Malaysia – Home Broadband dan Sim Card. Tapi ini bukan review produk ya, lebih ke berbagi informasi yang saya tahu karena pernah atau sedang menggunakanya.

Yok kita mulai!


Please Watch Our Youtube Channel


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Sebelumnya, saya pernah membahas sedikit mengenai pilihan paket internet Malaysia yang saya pakai. Mungkin bisa di baca lagi di tulisan mengenai biaya hidup di Malaysia. Tapi kali ini, pembahasan seputar paket internet Malaysia akan lebih mendalam.

Sekarang, saya menggunakan TIME untuk di internet rumah dan Digi untuk mobile internet.

TIME – Fastest Broadband Internet in Malaysia

Mantap ya tagline-nya! Kurang tahu juga apakah klaimnya 100% persen benar atau tidak. Tapi yang jelas, memang sangat cepat. Dulu, internet broadband rumahan yang tersedia di Malaysia hanya UNIFI dari TM (Telekom Malaysia). Kami menggunakan jasa TM sejak jaman kuliahan hingga berkeluarga. Sehingga sekitar 4 tahun lalu, TIME muncul dan Alhamdulillah layanannya masuk di tempat kami tinggal. Tanpa pikir panjang, kami pun memutuskan hubungan dengan UNIFI dan beralih ke TIME. Kenapa? Berikut di bawah alasannya:

Harga

Waktu itu harga yang harus kami bayar untuk UNIFI kurang lebih RM200 per bulan termasuk pajak. Mahal? Ya, sangat. Harga segitu hanya untuk 30mbps (ya waktu itu termasuk sangat kencang). UNIFI memang terkenal mahal karena mereka menggabungkan produk IPTV (Hypptv) ke dalam pake internetnya, walaupun kita tidak menggunakannya. Ketika TIME datang, kita ditawari oleh produk 100mbps + promosi 1 bulan pertama gratis dengan harga sekitar RM140 per bulan. Hayoo, apa kata dunia kalau tidak diambil!

Sekarang ini, harga yang ditawarkan oleh TIME masih terbilang cukup stabil. Sekitar pertengahan tahun lalu, TIME meng-upgrade kecepatan produk mereka sehingga speed terendah adalah 100mbps dan menghapus 30mbps yang mereka punya. Sehingga kami pun “dipaksa” untuk upgrade ke 300mbps dengan harga yang sama. Tetapi kami memilih untuk tetap di 100mbps dengan biaya hanya RM100 saja! Nikmat mana lagi yang engkau dustakan.

Internet Malaysia - Time Price List

Produk dan Harga TIME

Sepertinya sudah cukup jelas kenapa alasan harga menjadi salah satu faktor utama kami memilih layanan TIME. Anda boleh membuat riset sendiri dan bandingkan dengan produk dari provider lain seperti TM ataupun Maxis yang memiliki fibre broadband juga.

Speed/Kuota/Stabilitas

Bagian ini rasanya ya ga usah ditanya. Jaman sekarang sepertinya memang perlu minimal 100mbps. Kenapa? Karena di rumah, kami hanya mengandalkan internet untuk berkomunikasi, entertainment dan juga bekerja. Contohnya, kami hanya menggunakan full-streaming dari youtube untuk mengakses layanan TV seperti CNN Indonesia, NET, Narasi TV, dan sebagainya. Juga channel youtube lainnya seperti channel para ustadz atau YufidTv, food vlogger seperti Nex Carlos, atau channel gadget seperti gadgetin atau dave lee.

Untuk bekerja pula, Puan Istri sebagai punggawa Ibu Professional Asia dan seorang freelance writer sangat membutuhkan koneksi internet yang bisa diandalkan. Manakala saya sendiri, yang kadang sering juga work-from-home, koneksi ke jaringan kantor yang stabil menjadi sangat krusial. Selain itu, ketika dihubungkan dengan VPN kantor, speed akan jatuh ke angka 30mbps. Masih sangat bagus buat upload/download fail ke jaringan kantor. Dulu waktu masih pakai 30mbps UNIFI, ketika dihubungkan ke VPN kantor, speed nya jatuh ke 2mbps. Ini membuat kerjaan pun jadi lebih lambat. Lihat saja gambar di bawah sebagai rujukan. Ohya, TIME ini speed upload dan download nya sama. Satu lagi, kuota unlimited. Hebat!

Internet Malaysia - Time Speedtest

Customer Service

Yang ini kayaknya ga perlu panjang lebar. Cukup akses lewat self-portal, kita bisa langsung berhubungan dengan customer service dan membuat aduan langsung. Biasanya akan langsung direspon dalam hari yang sama. Urusan mulai dari aduan masalah, upgrade/downgrade, pertanyaan dan lain-lain, bisa dilakukan melalui online. Kalau mau dibandingkan lagi dengan TM yang dulu, masih sangat tradisional di mana kita harus pergi ke TM point dan berhadapan langsung dengan customer service officer. Mungkin sekarang sudah lebih baik ya, tapi saya kurang tahu.

Kesimpulan

Saya sangat puas dengan produk dan layanan TIME. Oiya, untuk foreigner dikenakan biaya deposit sebesar RM500 untuk sewaktu mendaftar. Ini bisa dihindari dengan menggunakan pembayaran auto-debit. Kalau lah anda jadi tertarik juga untuk berlangganan TIME setelah membaca blog ini, bolehlah kiranya memakai referral dari saya. Hitung-hitung bantu saya juga. hehehe…

Berikut tautan untuk mendaftar:

Join me on the fast lane!
Sign up for TIME Fibre Home Broadband at huae.time.com.my/?2489059 and enjoy RM100 off your bill! Up to 1Gbps. From RM99/month.

Digi – Let’s Inspire

Kalau untuk mobile sim card, kayaknya ini tidak perlu panjang lebar. Dari sejak 2004 saya berkuliah di Malaysia, saya memang sudah menggunakan Digi. Pernah memang mencoba Celcom, Hotlink, dan U-Mobile dimana masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya. Untuk mengapa memilih Digi, sejujurnya tidak ada alasan spesifik. Hanya karena sudah “terbiasa” jadi rasanya malas untuk tukar dan pindah. Kisaran harga juga tidak banyak berbeda berbanding dengan provider lain. Sepertinya perang tarif untuk mobile di Malaysia tidak seperti di Indonesia. Jadi, silahkan Anda membuat riset sendiri untuk mana yang lebih baik.

Pake Data Internet

Saya sendiri memakai paket RM30 per bulan. Yang didapat adalah 3GB kuota, 300 menit buat menelfon dan FREE Unlimited Social Media (Facebook, Instagram, Whatsapp kalau ga salah termasuk). Saya juga dapat 2.5GB buat Video (Youtube, Netflix, etc) per minggu. Buat yang ini saya rasa bawaan dari sim card yang saya gunakan iaitu Digi LIVE. Sepertinya, jenis sim card ini udah tidak ada lagi. Jadi, silahkan di cek ke website nya langsung ya.

Paket Internet - Digi

Sinyal

Sinyal memang saya akui tidak sebaik Celcom ataupun Maxis terutama kalau kita travelling ke daerah terpencil di Malaysia. Tapi karena most of the time kalau jalan-jalan pasti ke pusat keramaian atau ke kota lain di Malaysia, jadi coverage sinyal untuk 4G Digi masih cukup kuat kok. Apalagi di tengah kota Kuala Lumpur dan Petaling Jaya, sudah pasti semua provider punya sinyal 4G yang bisa diandalkan.

Penutup

Mungkin cukup sekian berbagi informasi mengenai Internet di Malaysia ini. Mudah-mudahan bisa jadi panduan atau tambahan informasi buat Anda yang memang sedang mencari informasi mengenai ini. Kalau ada pertanyaan yang bisa saya bantu, silahkan tinggalkan di kolom komentar. Biasanya saya rajin untuk menjawab pertanyaan. Byeeee.

1 Comment

  1. […] Tamabahan referensi untuk pilihan Internet dan Paket Data bisa dibaca di tulisan saya lainnya. […]

Please care to leave nice comment :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.