Terhanyut dengan Kisah Nabi Muhammad SAW: The Great Story of Muhammad

Wah, sudah lama rasanya tidak me-review buku. Buku terakhir yang saya review kemarin adalah buku Khilafah oleh Ust. Felix Siauw yang lebih condong bercerita mengenai agama, politik dan sejarah. Dan masih berbicara tentang sejarah, kali ini buku The Great Story of Muhammad karangan Dr. Ahmad Hatta, MA  dan kawan-kawan menjadi pilihan saya.

Kebanyakan orang akan sedikit malas membaca buku yang berkaitan dengan sejarah, tidak terkecuali dengan sejarah Islam. Yah, sayapun begitu juga. Buku sejarah akan terasa membosankan, bikin ngantuk dan gak seru. Tapi, buku ini sangat berbeda. Jauh berbeda dari buku-buku sejarah yang selalu sukses membuat saya mennguap di halaman pertamanya.

Full colour, sampul dan kertas yang berkualitas tinggi (ini penting buat saya), serta banyak foto dan ilustrasi yang menarik membuat buku ini menjadi salah satu buku favorit saya, SEPANJANG MASA. Kenapa?

  1. Gaya penulisan sang penulis yang kece banget. Di hari-hari pertama saya membaca buku ini, saya sukses melahap puluhan halaman. Which is sangat sensasional, mengingat bahwa ini adalah buku sejarah. Setiap cerita yang beliau tulis, membuat kita seperti sedang terjebak di sebuah mesin waktu. Kita akan benar-benar merasa bahwa kita hidup di zaman itu dan menjadi bagian di dalamnya. Ikut bahagia ketika membaca cerita lahirnya Nabi Muhammad SAW, terhanyut dalam proses pengangkatan Rasul Allah, sakit ketika bagaimana Nabi Muhammad SAW di terror secara fisik dan mental, merinding ketika Perang Badar meletus, kagum dengan kejeniusan taktik Perang Khandaq, hingga meneteskan air mata membaca kisah akhir hidup Nabi Muhammad SAW. Itulah yang membuat saya sangat kagum pada jajaran penulis buku ini.
  2. Dengan gaya penulisan selayaknya bercerita, buku ini cocok sekali untuk dibacakan ke anak-anak. Bahasanya cukup ringan dan tidak berbelit-belit sehingga memudahkan anak-anak lebih mengenal dan memahami kisah perjalanan Nabi Muhammad SAW. Ditambah lagi, ada beberapa kisah sahabat dan istri-istri Nabi Muhammad SAW yang dapat pula kita ceritakan kepada anak-anak dan kita ambil hikmahnya bersama.
  3. Ilustrasi yang sangat membantu. Terutamanya ilustrasi mengenai taktik perang Nabi Muhammad SAW sehingga kita dapat membayangkan bagaimana kaum Muslimin berperang melawan kaum Quraisy. Tentu ini memudahkan kita untuk membayangkan bagaimana kejadian di masa itu. Terdapat juga ilustrasi peta Makah dan Madinah, denah rumah Rasulullah SAW lengkap dengan foto aslinya, hingga ilustrasi-ilustrasi tambahan lainnya.
  4. Banyak sekali foto-foto peninggalan bersejarah. Mulai dari sandal dan serban Rasulullah SAW, telapak kaki Rasulullah SAW yang diabadikan pada sebuah batu, pedang Rasulullah SAW, pedang ‘Umar bin Khaththab, jubah dan jilbab Fathimah serta masih banyak lagi yang kesemuanya tersimpan di Topkapi Palace Museum, Istanbul, Turki. Which made me really really want to go there and experience it by myself!

Sarat makna dan berjuta manfaat menjadikan buku The Great Story of Muhammad menjadi salah satu buku wajib yang harus dimiliki. Semoga bisa menginspirasi kalian yang ingin mengenal sejarah Nabi Muhammad SAW lebih dalam.

Love,

Bubunnya Aqeela

Related Post

Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on Google+0Share on Facebook0

Please care to leave nice comment :)