The BEST Indonesian Novel

Jadi, salah satu kegilaan dian adalah MEMBACA BUKU. Kalo kata orang tua sih, MEMBACA BUKU itu Jendela dunia (bener gak sih??). Yah pokoknya, kata orang kalo kita sering2 banyak buku ya kita bakal jadi tambah pinter. Tapi kok dian gak yaaaa??? hahahahaha… Mungkin gara2 lebih suka baca novel ato komik dibandingkan dengan “buku”…

Anyway, dian pengen aja nih nge-list buku-buku indonesia (novel lebih tepatnya) yang emang one of my fav yang mungkin temen2 semua bisa jadiin referensi klo2 aja pengen baca buku tapi gak punya referensinya…

Sebenernya banyak banget novel2 yang dian suka. Kyak dewi lestari, djenar maesa ayu, fira basuki, ampe novel2nya hilman ama raditya dika.

So here’s the list:

1. SUPERNOVA : KSATRIA, PUTRI, DAN BINTANG JATUH (Dewi Lestari)

Well, mungkin banyak orang yang juga langsung jatuh cinta begitu baca ni novel. The first masterpiece nya mba dewi lestari yang fenomenal. Ceritanya itu “BERISI” which is emang udah kayak krya ilmiah aja. Apalagi kalo baca dialog2nya si karakter2 itu. Awalnya dian agak ragu buat baca buku ini, tapi setelah denger dari seorang temen yang katanya ni buku bagus banget, ya langsung deh dian beli. Dan kenapa dian letakkan di no.1 karena ni buku menjadi titik awal dian buat cinta ama novel2 yang akhirnya novel2 dian sekarang udah cukup banyak dipajang di rak buku… hehehehe..

2. 5 CM (Donny Dirghantoro)

Mungkin gak banyak orang yang tau kalo novel ini bagus banget. Malah BAGUS BANGET.. Dian suka dengan filosofi2 dan dialog2 yang ada. Natural, kyak emnag kita lagi ngobrol, dan setiap dialog2nya itu emang memberikan kita PENCERAHAN akan segala sesuatu yang terjadi di sekitar kita. Mulai ngomongin tentang kecintaan terhadap Indonesia, orang kota ama orang desa, film, musik, yang kesemuanya itu di blend jadi sebuah tulisan yang bisa menginspirasi banyak orang. Tapi kenapa ya gak begitu banyak orang yang kenal novel ini. Dian masih menunggu, ada novelnya si bapak ini keluar lagi gak ya??? Im waiting..

3. TETRALOGI LASKAR PELANGI (Andrea Hirata)

Pertama tau buku ini, udah lama banget kok. Jauh sebelum buku ini booming baru2 ini. Atmosfir yang dibawa ama buku ini beda banget ama buku2 yang laen. Mungkin emang udah saatnya kali ya pembaca Indonesia ngebaca buku yang maknanya dalem seperti ini. Denger2 sih bnyak kepala sekolah dan guru yang memotivasi pelajarnya buat beli dan baca buku ini.

4. NAYLA (Djenar Maesa Ayu)

Banyak orang yang bilang kalo nevel2nya si mbak ini agak sedikit “menjurus”. Tapi, kenapa orang ngeliatnya dari sisi itu. Kenapa gak liat dari sisi yang lain. Cara penulisannya unik dan sebenernya cerita2 yang ditulis itu emang realita yang ada di masyarakat kita. Dian suka banget ama novel ini. Yang sebelum2nya emang dia ngeluarin kumpulan cerpen, tapi di novel ini dia menuliskannya dengan satu kesatuan yang bikin pembacanya itu jadi geleng2 kepala sendiri.

5. TRILOGI JENDELA-JENDELA, PINTU, ATAP (Fira Basuki)

Kalo gak salah, dian baca buku ini waktu dian kelas 2 ato 3 SMA. Yang tentunya kalo jaman2 SMA itu, kita bakal bawa novel kesekolah buat dibaca waktu pelajaran yang ngebosenin dan bikin ngantuk. Hehehehe.. Waktu itu, dian baca novel ini dari minjem ama temen dan dian gak bisa berenti ngebaca. Ketiga novel ini ada benang merah yang bikin kita tuh jadi shock di akhirnya. Setelah sekian lama nyari2 buku ini dipasaran, waktu di palembang kmaren dian coba buat beli lewat internet yang akhirnya cuma dapet novel yang ATAP aja. Overall, dian suka semua novelnya mba Fira.

6. LUPUS (Hilman)

Siapa sih yang gak pernah baca LUPUS. Mulai dari cerita LUPUS, LUPUS waktu SD, SMP, ama SMA. Novel yang dulu sempat menjadi bacaan anak muda. Hhahahaha.. Pengen banget nih baca novel ini lagi. Asik sih..

7. Kambing Jantan (Raditya Dika)

Hahahahahaha… SATU2nya buku yang bikin dian MALU. Soalnya waktu baca novel ini dian lagi naek DAMRI dari UNPAD mo ke bandung. Bikin dian ketawa2 sendiri ampe diliatin ama orang. Tapi memang sangat menghibur kok walopun buku ke2 ama ke3nya radit kurang dapet lucunya.. But it’s OK, buku radit yang BASOT ini emang keluar lagi lucunya. PARAH..

Oya, update tabungan nih..
Tadi pagi baru masukin 50 ringgit lagi.
Berarti udah 100 ringgit tapi kurangnya masih 1900 lagi..
Arrrgghhhhh…

Cheerss…

Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on Google+0Share on Facebook0

1 Comment

Please care to leave nice comment :)