Yuk Isi Liburan si Kecil dengan Kegiatan Asyik ini!

Kalau udah ngomongin tentang liburan bareng anak, kepala-ku sukses mulai puyeng. Hahahahaha.. Maklum, mamak kadang udah mati gaya mau ngajak si Kicik kemana dan mau ngadain aktivitas apa. Yang pada akhirnya malah berujung di rumah aja. Mulai dari gegoleran gak jelas, nonton, baca buku, berenang, dan aktivitas “biasa” lainnya.

Akhir tahun ini, libur sekolah di Malaysia akan bermula. Ada beberapa aktivitas dan tempat yang udah mulai aku list. Nanti tinggal disesuaikan tanggal eksekusinya karena harus mencocokkan dengan jadwal si Yayah.

Perpustakaan

Perpustakaan sepertinya memang akan selalu menjadi salah satu tempat yang kami kunjungi ketika musim liburan. Perpustakaan di sekitar Klang Valley sebenernya cukup banyak dan beragam. Ini dia beberapa diantara perpustakaan yang kece banget untuk dikunjungi ketika libur tiba.

Raja Tun Uda Library

Dok. Pribadi
Zon Kreatif @Raja Tun Uda Library

Sejak pertama kali datang pada 2016 yang lalu, perpustakaan ini punya tempat yang spesial di hati kami. Kenapa? Di sini ada ceritanya.

Setiap libur sekolah, perpustakaan Tun Uda juga mengadakan berbagai macam kegiatan untuk anak-anak yang terpusat di Zon Kreatif. Untuk jadwal kegiatan liburan anak-anak akhir tahun sepertinya belum di umumkan oleh pihak perpustakaan. Jadinya, tugas Bubun untuk selalu cek website ini supaya gak ketinggalan infonya.

Children’s Library @Islamic Arts Museum Malaysia

Islamic Art Museum
Islamic Art Museum Malaysia – Courtesy: Wikimedia

Udah lama banget ngepoin kegiatan di perpustakaan ini tapi selaluuuu ada aja alasan untuk akhirnya gak jadi ikutan. Liburan kali ini akan kami coba untuk ikut berbagai kegiatan di Children’s Library yang berlokasi di dalam Islamic Arts Museum Malaysia. Setiap minggu mereka memang selalu mengadakan Workshop Art&Craft gratis untuk anak-anak berumur 12 tahun kebawah. Infonya bisa cek di sini.

Playground

Anak kecil mana yang gak suka dengan playground. Indoor ataupun outdoor gak akan ada matinya. Di keluarga kami, biasanya yang akan pusing menghadapi ribetnya playground itu si Yayah. Soalnya Yayah ngotot untuk ngawasin si Kicik all the time. Bubun mah biasanya duduk manis ditemenin kopi ama buku. Hehehehe…

Ada 2 playground yang recommended banget untuk mengisi liburan anak-anak di sekitaran Klang Valley.

Blokke (Indoor Playground)

 CCTV @Blokke Citta Mall
 CCTV @Blokke Citta Mall

Setelah dipugar, Blokke confirm menjadi salah satu Indoor Playground yang paling asyik buat kami. Disini, tidak hanya anak-anak aja yang dimanjain dengan mainan yang kece-kece tetapi juga orang tua bisa duduk santai di kafe tanpa harus bulak-balik ke area playground. Ada tayangan dari CCTV yang bisa kita lihat dari area kafe. Anak hepi, mamak kenyang!

Kayaknya perlu satu postingan khusus untuk membahas tentang Blokke. Maybe next? Untuk sekarang, ngintip ke website resmi mereka dulu di sini ya.

KLCC Park (Outdoor Playground)

Playground @KLCC
Playground @KLCC

Kalo ini sih udah jadi rahasia umum ya? Banyak banget turis yang dateng dan berkunjung ke KLCC untuk sekalian main di taman ini. Playground-nya gueeedee bangeet! Biasanya kalo si Kicik main disini, sukses basah kuyup (Yayah yang nemenin juga jadinya basah kuyup kok). Cerita lengkap tentang taman ini, bisa dicek disini juga ya.

Kelas

Seru juga ya kalau liburan kali ini diisi dengan beberapa kelas yang cocok untuk si Kicik. Ada beberapa kelas yang udah mulai aku incer untuk mengisi liburan bulan Desember nanti.

Playtime DJE

Cupcake Fondant Deco
Cupcake Fondant Deco – Courtesy: Playtime DJE FB Page

Ada dua jenis kelas yang selalu dibuka oleh Playtime DJE ini SETIAP MINGGU-nya yaitu kelas Baking dan Art. Dua-duanya sukses selalu bikin aku ngebet banget pengen cepet-cepet masukin si Kicik ke salah satu kelasnya. Tapi, kelas baking & deco kayaknya menarik banget untuk si Kicik. Bisa belajar baking cake atau cookies sambil belajar menghiasnya juga.

Salah satu yang aku suka dari Playtime DJE adalah mereka membuka kelas per satu kali kedatangan aja. Jadinya, kita gak terikat untuk harus ikut kelas setiap minggunya.

Trial Class di Kidxy

Liburan
Website Kidxy

Kidxy menawarkan berbagai macam inspirasi aktivitas anak seperti olahraga, bahasa, musik, science, arts & crafts, indoor gyms & playgrounds dan sederet lainnya. Tidak hanya menawarkan “les” saja tetapi juga ada beberapa tempat yang menawarkan sesi trial yang bisa kita ikuti which is harga lebih murah dan kita bisa ikutan tanpa terikat (lagi-lagi ini ya). Untuk si Kicik, trial class seperti ini cukup perlu karena gak semuanya bisa langsung cocok sama dia. Jadi, kita mau ikutan trial class yang mana nih, Kicik?

Waaahh.. Lumayan banyak ya ternyata. Yang penting kita list dulu aja, eksekusinya gimana ya kita lihat nanti di bulan Desember.

Love,

Bubunnya Aqeela

 

*) Tulisan ini adalah bagian dari kegiatan Nulis Bareng – Rumah Belajar Literasi Ibu Profesional Asia dengan tema “Kegiatan Mengisi Liburan Bersama Keluarga”

 

Dian Mariesta

Author: Dian Mariesta

You can call me Dian, a housewife living in the middle of hustle bustle of Kuala Lumpur but still cannot forget my own “kampong”, Indonesia. Living for more than 10 years in Malaysia still make me a pempek-lover, bakso addict, gado-gado enthusiasts, and bakmi devotee. Photography and writing are one of the things that keep me sane throughout my day as a devoted housewife.

Related Post

2 Comment

  1. […] satu cara untuk mengisi liburan bersama keluarga adalah dengan jalan-jalan bareng. Tentu akan makin asyik jika terlihat sehati dan kompak. Tapi […]

  2. Kereeen! Idenya banyak banget.

Please care to leave nice comment :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.