Biaya Hidup di Malaysia – Pertanyaan Yang Sering Muncul

Biaya Hidup di Malaysia

Dulu kayaknya udah pernah nulis dengan judul seperti di atas di blog sendiri. Tapi berhubung blognya udah mati dan kayaknya belum ada lagi di sini, yoklah kita dokumentasikan kembali. Selama tinggal di Malaysia banyak pertanyaan dari orang-orang tentang bagaimana Malaysia. Apalagi kalo ada yang berniat hijrah, entah itu untuk melanjutkan studi ataupun bekerja. Yang paling utama adalah pertanyaan “Bagaimana biaya hidup di Malaysia?”. Dan banyak pertanyaan lainnya yang mungkin nanti kita tulis di artikel lain ya. Sebenarnya tentang biaya hidup di Malaysia banyak didapati di Internet dengan mencari melalui google, apalagi dengan bahasa Inggris. Keyword “Living cost in Malaysia” sepertinya lebih banyak daripada yang berbahasa Indonesia. Jadi di artikel ini saya coba berbagi dari sudut pandang orang Indonesia dengan bahasa Indonesia dan berdasarkan pengalaman pribadi. Mudah-mudahan bisa dijadikan tolak ukur, karena biaya hidup sangat tergantung dengan gaya hidup masing-masing. Jom kita mulai.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Apa saja yang perlu di perhintungkan untuk biaya hidup di Malaysia?

Akomodasi/Tempat Tinggal. Ya kalau ga ada atap susah kan. Makan tak kenyang, tidur tak lena, mandi tak basah. Menyewa tempat tinggal adalah solusi tunggal, kecuali anda super duper kaya yang mampu membeli properti di Malaysia. Sebagai referensi: Minimum Property Purchase Prices for Foreign Buyers. Pilihan menyewa tempat tinggal bervariasi seperti landed house (ini juga ada beberapa tipe), apartement, condo atau bahkan ada juga yang menyediakan sewa kamar saja. Harga sewa untuk tempat tinggal ini bervariasi bergantung dari banyak hal. Biasanya lokasi dan fasilitas yang bagus, harga sewa juga semakin mahal.

Transportasi. Pilihan hanya ada dua, kenderaaan pribadi atau transportasi umum. Kembali lagi ke kebutuhan masing-masing. Kalau kenderaan pribadi ada hitung-hitungan tambahan tiap bulan untuk bahan bakar dan perawatan. Untuk transportasi umum di Malaysia terumatanya di Klang Valley sudah sangat bagus menurut saya.

Grocery & Food. Grocery ini mencakupi keperluan harian seperti, sabun mandi, sampo, pasta gigi, dll. Buat makan kalau mau hemat ya belanja dan masak sendiri. Tapi buat yang malas masak atau memang tidak bisa masak, makan di luar setiap hari satu-satunya pilihan.

Utility & Telco/Internet. Ini juga termasuk yang wajib. Apalah rumah tanpa listrik dan air. Apalagi Internet dan komunikasi, ya ga? Dan untuk yang rajin masak, tabung gas juga masuk dalam perhitungan.

Perincian secara umum

Yok kita rincikan secara umum ya. Semoga bisa jadi acuan untuk kamu-kamu yang mau mempertimbangkan datang dan tinggal ke Malaysia.

Akomodasi/Tempat Tinggal

Seperti yang saya bilang di atas, rentang harga sangat bervariasi berdasarkan banyak faktor. Tapi saya punya kiat-kiat tersendiri bagaimana mnegetahui anggaran untuk sewa tempat tinggal ini. Detilnya nanti kita buat artikel tersendiri ya. Secara ringkasnya, saya (baca: kami dengan Puan istri) selalu memulai dari lokasi/area mana yang masuk pertimbangan saya. Selalunya seperti ini:

  • Harus dekat dengan tempat anak sekolah (karena punya anak).
  • Harus dekat dengan tempat kerja.
  • atau kalau jauh dari tempat kerja, yang tersedia transportasi mudah dan murah
  • Dekat dengan kemudahan lainnya (Supermarket, convinience store, klinik, dll)

Gunakan bantuan google maps, mungkin dapat 2-3 lokasi yang sesuai. Dari pengalaman, saya hanya fokus pada satu lokasi/area saja. Kemudian untuk survey harga saya mengandalkan website/applikasi propertyguru. Dari situ saya bisa dapat kisaran harga untuk lokasi tertentu, luas unit, dan lain lain. Untuk contoh saja bisa rujuk ke table di bawah untuk beberapa lokasi/area ideal di Klang Valley:

Bisa terlihat walaupun di Klang Valley, variasi harga itu berbeda-beda. Saya tidak memasukkan perumahaan atau condo mewah ke dalam pencarian saya. Kalau saya masukkan rentang harganya bisa sangat jauh berbeda. Oh ya, dari tabel di atas, bisa dibuat lebih detil lagi kalau sudah dapat lokasi yang paling sesuai untuk lebih fokus perumahaan atau condo apa yang ada di lokasi/area tersebut. Drill down lagi untuk kisaran harga nya sampai hati menetapkan untuk fokus mencari di perumahaan atau condo tertentu.

Semoga ini bisa memberikan gambaran untuk biaya tempat tinggal. Kalau kira-kira ada yang perlu ditambahkan, bisa dishare melalui kolom komentar di bawah ya.

Transportasi

Untuk transportasi, ini relatif mudah untuk mengetahui biayanya baik transportasi umum atau transportasi pribadi. Contohnya, kalau sudah tahu di lokasi mana tempat tinggal yang akan diambil, bisa di lihat opsi transportasi apa yang akan digunakan. Kalau transportasi pribadi perhitungan umumnya adalah Bahan Bakar + Toll + Parkir. Sementara untuk transportasi umum hanya perlu melihat rute nya saja. Berhubung transportasi umum di Malaysia hampir semua di bawah pengelolaan perusahaan Prasarana, untuk pricing bisa langung dilihat melalui travel journey nya mereka. Silahkan rujuk ke website berikut. Secara ringkas bisa saya anggarkan seperti di bawah ini.

Transportasi Umum:

Kendaraan Pribadi:

Grocery & Food

Sekedar berbagi, untuk keluarga kecil kami (2 dewasa, 1 anak), RM300 – RM400 dianggarkan untuk belanja bulanan grocery. Itu semua sudah termasuk keperluan badan, rumah dan dapur. Lalu tiap minggu dianggarkan RM150 – RM200 untuk belanja isi kulkas. Ini keperluan makan seperti sayur, ikan, ayam, daging, dan lain lain. Untuk gambaran, tabel di bawah adalah item umum yang bisa dijadikan patokan harga.

*untuk harga grocery saya merujuk ke Tesco Online Groceries sementara untuk restoran bisa dirujuk ke Zomato.

Kalau kira-kira ada yang perlu ditambahkan, bisa dishare melalui kolom komentar di bawah ya.

Utility & Telco/Internet

Pemakaian air sangat murah. Rentang RM0 – RM50. Ya 0, alias gratis. Kalau di Selangor ada subsidi dari pemerintah kalau tidak salah RM20. Yang mahal kalau kategori tempat tinggalnya termasuk area komersial (biasanya kalau apartment atau kondo yang di bawahnya ada pertokoan). Listrik juga sama, pemakaian normal dengan AC tiap malam hidup, kurang lebih RM80 – RM200. Tergantung komersialnya atau tidak tadi. Jadi poin ini bisa juga jadi pertimbangan waktu memilih tempat tinggal.

Sementara untuk pemakian kartu pra-bayar dengan RM30 perbulan sudah sangat mencukupi saya rasa. Rata-rata semua provider besar (Digi, Celcom, Maxis, UMobile) punya kisaran harga RM25 – RM35 untuk paket all in (data, voice dan sms). Saya sendiri pakai Digi Kaki Social Internal & Call PlansDengan RM30 dapat 3GB data + 300 mins voice.

Untuk Internet Broadband rumahan bisa dirujuk ke website perbandingan seperti imoney atau ringgitplus. Di bawah ini saya comot dari websitenya imoney.

sumber: https://www.imoney.my/broadband

Tamabahan referensi untuk pilihan Internet dan Paket Data bisa dibaca di tulisan saya lainnya.

Kesimpulan

Tulisan ini hanya untuk memberikan gambaran tentang cost of living di Malaysia, khususnya di area Kuala Lumpur dan sekitarnya atau dikenal dengan nama Klang Valley. Tidaklah semua yang disebutkan di atas bisa merepresentasikan biaya hidup secara umum untuk orang banyak. Karena kebutuhan masing-masing orang berbeda dan juga gaya hidup yang berbeda. Kalau kira-kira ada informasi yang kurang akurat atau ada pertanyaan mohon disampaikan melalui kolom komentar. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat. 🙂

39 Comment

  1. Bacanya sambil coret2 nih mba 😀 mostly, kurleb aja sama Indonesia harga2nya, tapi lebih murah sikit lah di sana,hihi, thanks y mba sudah berbagi

    1. Avatar Doli Abu Daanya says: Reply

      Terima Kasih sudah mampir.

  2. Avatar prananingrum says: Reply

    iya setuju…biaya hidup itu tergantung gaya hidup kita ya

  3. Min, kira2 kalau di daerah pahang, tawaran ±8500RM itu gimana? Recommended ga? Thanks b4

    1. Berlebih itu mas/mbak baik bekeluarga atau pun single. apalagi di pahang 🙂

  4. Avatar Deny Kustiawan says: Reply

    saya tinggal di Bandar Utama. PJ dari Mei 2017 sampai sekarang, biaya sewa condo di RM2,600 per bulan.
    Condo saya sepertinya masuk commercial area jadi untuk utilities saya bayar air RM60/bulan dan listrik RM350-400/bulan karena pemakaian barang elektronik yang lumayan banyak.

    Monthly groceries dan isi kulkas RM800/bulan. Sayur, daging dan lauk pauk lainnya per minggu tidak lebih dari RM100. Kami biasa belanja ke NSK jadi dapatnya banyak.

    Bensin saat ini RM2.20/liter, per minggu saya spend RM50 cukup untuk pergi ke kantor dan bolak balik jemput anak sekolah.

    Biaya makan relatively murah apalagi kalau di restoran mamak, tapi diluar mamak standar per meal antara RM 10 – 20.

    Gym membership di Celebrity fitness RM200/bulan full access semua club di Malaysia dan Indonesia.

    Yang menurut saya relative mahal di Malaysia adalah biaya sekolah untuk foreigner yang masuk international school.

    1. Terima Kasih atas tamabahan dan data-nya mas. Salam kenal. Saya kerja di First Avenue, dan ada stalk linkedin nya mas juga kemaren :p

      Memang yang mahal adalah biaya sekolah anak. Tapi kalau dibandingkan sama Jakarta, kayaknya jauh lebih murah.

  5. Avatar Rizka Festiana says: Reply

    Min klo -/+ RM 4000 ngajak istri & bayi tinggal di KL cukup kah? Masih bisa nabung gk ya??

    1. InsyaAllah cukup Mbak. Semua itu tergantung gaya hidup. Bisa cari rumah yang agak kepinggir tapi ada akses LRT/MRT. Kayak di daerah Kajang/Gombak masih ada harga sewa yang dibawah RM1000 karena yang mahal memang harga sewa rumah.

      SIsanya, tinggal atur gaya hidup. Kesimpulan, bisa hidup layak, nabung sedikit tapi agak sempit. Mungkin bisa bersabar, RM5000 kurang lebih InsyaAllah bisa lebih lapang.

  6. terima kasih tulisannya mba dian 🙂 kalo kerja di petaling cari tempat tinggal lebih baik daerah mana ya yang ga terlalu jauh? liat di google maps masih belom terbayang makasih

    1. Yang nulis artikel ini saya Mbak 🙁
      Bukan Mbak Dian. Saya, suaminya. Dari kemaren banyak yang ngira tulisannya si Puan Istri. Issshhh. hahaha

      Petaling (Jaya) maksudnya ya? PJ ini termasuk luas. Mungkin bisa spesifik lagi di mananya? Tapi PJ sih harusnya ga masalah cari tempat tinggal. Apartment/Condo bertebaran dan akses LRT/MRT/Bus juga cukup banyak.

    2. Avatar Doli Abu Daanya says: Reply

      Dapat tawaran dari Quintiq/Dassault Systemes ya mbak?

      1. wah maaf mas hahaha kirain yang nulis Mbak Dian 😀 suami saya yang dapat tawaran mas dari Protech lokasinya di Wisma Amtek Petaling. Kalo Subang Jaya itu apa masih terjangkau? Terima kasih mas.

        1. Avatar leniseptiriani says: Reply

          wah mba sama dong, suami saya juga dpt tawaran dprotech mba … kayanya kita sama dari kmrn ngotak ngatik nyari tmpet tnggal yak ,😆😆

          1. wah sama mbaak 🙂 udah ketemu mau tinggal daerah mana? mas Doli dan mbak Dian maaf nih nyampah di komen haha

          2. Avatar Doli Abu Daanya says:

            Ga papa. Kami senang ada aktif pengunjung 🙂
            Btw, wisma amtek itu agak ke dalam. Agak susah akses public transport sepertinya. Jadi mau tinggal di manapun selama ada kenderaan pribadi harusnya ga masalah ya.

        2. Avatar leniseptiriani says: Reply

          belom dpt mba… cuma udh dpt bbrp liat tmpt tinggalnya …. soalny suamiku juga rncnanya aprik baru kesana mba … btw boleh mba minta WA nya biar enak ngobrolnya 😁😁 bisa d email k leni.septiriani@gmail.com mba …

  7. Min, kalo di Klang Valley dengan penghasilan ±5500RM gimana ?

    1. Ukur lagi pake artikel di atas aja Mas. Untuk sebagian orang RM5500 itu gede, dan untuk sebagian lagi itu kecil. Kembali lagi tergantung gaya hidup. Kalau hati lapang, 5500 itu bisa nabung banyak.

  8. mas kalau di petaling jaya penghasilan ± 7000 RM gimana ? saya baca2 artikel di petaling jaya termasuk dlm kota yang mahal … dan apa dgn penghasilan 6600 bisa untuk bawa anak dan istri kira2

  9. Avatar leniseptiriani says: Reply

    halo mas … kalo untuk di petaling jaya penghasilan ± 7000 gimana … apa cukup untuk bawa anak balita 1 dan istri ? .. karna saya baca di artikel kalo petaling jaya termasuk dlm kota dgn biaya hidup mahal … makasih

    1. Avatar Doli Abu Daanya says: Reply

      InsyaAllah cukup mbak. dan kalau pandai mengatur keuangan lumayan bisa nabung. Oiya, kalau pertama datang ke Malaysia untuk kerja, 6 bulan pertama pajak penghasilannya cukup tinggi. mungkin untuk 6 bulan pertama bisa bersakit-sakit dulu.

  10. Malam Mas, Kalau di Johor tawaran 3000 myr, kalau di selangor tawaran 4000 kira – kira cukup gak ya?dan ambil yang mana kebetulan saya masih sendiri. dan untuk 6 bulan pertama pajak penghasilan berapa persen ya dari total penghasilan?makasih.
    Maaf merepotkan mas doli.

    1. Avatar Doli Abu Daanya says: Reply

      Seperti saya bilang sebelumnya semua tergantung gaya hidup. Tapi secara umum 4000 di Selangor sudah sangat layak dan bisa menabung. Kalo saya ditanya, karena saya kurang tau Johor, saya oilih Selangor. Secara gajibyg ditawarkan lebih gede juga. hehehe.

      Kalo masalah pajak, kalobga salah sekitar 26 – 28 persen flat selama 180 hari. Tapi itu nanti bakal di kembalikan kalau status kita sudah jadi residence. Coba baca-baca website LHDN. Nantibsaya coba tulis juga artikel tentang perpajakan.

  11. Avatar Novada Silvia Utami says: Reply

    mas mau konsul jugaa rencana maret pindak kl juga,april kayaknya baru cari cari apartrmen…kalo daerah kl gmn mas apa mending sewa kondo dmn ya?saya jg mw baw anak2 n ada yg baru nw masuk sd sy sih rencana mw sklh di SIKL.adakah yg d sini anaknya sklh dsana?

    1. Avatar Doli Abu Daanya says: Reply

      Udah hubungi Puan Istri langsung kan mbak lewat Instagram? Mudah2an sudah dapat jawabannya 🙂

  12. […] oleh orang-orang yang punya rencana hijrah untuk bekerja di Malaysia, selain pertanyaan tentang biaya hidup di Malaysia tentunya. Kenapa penting, karena ini masalah uang bung. Salah hitung dan perencanaan bisa mengancam […]

  13. Halo pak Assalamualaikum ..ikut nyampah ya hehe. Suami dpt tawaran di Cyberjaya dan sdh diambil pokoknya Bismillah aja perluas pengalaman. Sdh dr januari disana, alhamdulillah sejauh ini lancar. Rencana sy br nyusul mei setelah urusan dependent pass selesai. Suami msh stage 1 gaji sedikit dibawah 5000 myr, 6bln pertama ini mmg ngos2an krn pot tax yg gede 28%. Tp sdh diniatin berjuang jd mau gamau hrs sabar hahaha. Doakan lancar proses menyusul suami kesana ya pak 🙏

    1. Avatar doliharahap says: Reply

      Wa’alaikum salam Mbak.
      Semoga betah dan nyaman di Malaysia ya. Kalau ada yang mau ditanyakan tentang, silahkan bisa hubungi kami melalui blog ini. Semoga ada yang bisa kami share.

      Btw, kalo boleh tau, di perushaan mana Pak Suami?

      1. Halo pak.. Suami saya di Emerio di Cyberjaya. Sdh mau apply dependent pass, tp deg2an kalo tidak disetujui bagaimana soalnya baca2 klo bawa istri gaji min hrs 5000RM ya 😥😣

        1. Avatar Doli Abu Daanya says: Reply

          Secara aturan tertulis begitu memang. Tapi pada praktiknya di lapangan, banyak juga kok yang dibawah rm5000 yang bawa dependant. Beroda aja terus semoga diloloskan.

  14. Saya dapet tawaran di penang malaysia dengan salary RM 1150,60, kira kira cukup gak ya biaya hidup + nabung hehe

  15. Saya dapet tawaran di penang malaysia dengan salary RM 1150,60. Kira kira cukup gak ya biaya hidup + nabung hehe

    1. Avatar Doli Abu Daanya says: Reply

      seperti yang saya bilang di atas Mas. Cukup ga cukup bergantung dengan keperluan dan gaya hidup. Gaji segitu bersih Mas? Akomodasi dan transport di tanggung perusahaan? Makan siang juga? Kalo iya, mas cuma perlu mikirin buat jajan dan kebutuhan hidup bulanan. Harusnya, Insyaallah itu cukup dan bisa nabung.

      Kalo ga, kayaknya terlalu sempit.

  16. […] pilihan paket Internet Malaysia yang saya pakai. Mungkin bisa di baca lagi di tulisan mengenai biaya hidup di Malaysia. Di sini saya lebih mau berbagi pengalaman dan informasi saja. Sekarang saya menggunakan TIME untuk […]

  17. Assalamualaikum mas, saya seorang dokter dan rencana sekolah fellowship 1 tahun di salah satu pusat kesehatan di Tun Abdul Razak. Apakah bisa membawa suami dan 3 anak? Utk perizinan tinggal dan sekolah 3 anak (SMP dan SD) apakah ada saran pengurusannya dan kisaran biaya sekolah? Terima kasih banyak utk balasannya. Wassalamualaikum.

    1. Avatar Doli Abu Daanya says: Reply

      Walaikumsalam. Untuk membawa keluarga itu, semua berurusan dengan imigrasi. Saya kurang tahu kalau fellowship program Mbak itu bakal diberikan visa apa. Apakah Employment atau Student atau bahkan yang lain. Tapi sepengetahuan saya, antara dua tersebut boleh untuk membawa dependent. Langsung ditanyakan saja ke Kedutaan/Konsulat Malaysia terdekat di Kota Mbak.

      Di Kuala Lumpur ada sekolah Indonesia. Sekolah negeri dibawah Kedutaan Indonesia. Untuk biaya tidak besar sepengetahuan saya. Mungkin bisa langsung hubungi pihak sekolah:
      http://sekolahindonesia.edu.my/web2/

      Tambahan. Waktu 1 tahun rasanya sangat pendek untuk memboyong keluarga apalagi anak untuk pindah-pindah sekolah.

      Mudah-mudahan membantu.

  18. Hi Pak Doli, alhamdulillah saya dpt kerja di Malaysia untuk start akhir bulan Agustus ini. Terakhir perusahaan ngontak saya buat minta dokumen pengurusan Visa seminggu yg lalu, berapa lama ya pak biasanya proses pengurusan Visa dari imigresyen Malaysia?
    Karna sy kesana sendirian, ada rekomen web untuk sewa tempat tinggal satu kamar aja?
    Terima kasih

    1. Alhamdulillah. Biasanya paling lama sebulan tapi harusnya bisa lebih cepat ya.
      Untuk cari sewa kamar, mungkin bisa lewat Carousell atau iBilik.

      Selamat Datang di Malaysia.

Please care to leave nice comment :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.