Manfaat Infused Water Lemon untuk Kesehatan

Beberapa tahun ini, tren infused water semakin digemari ya. Orang beramai-ramai merendam berbagai buah, sayur hingga rempah-rempah ke dalam minuman mereka. Kami juga cukup sering meng-infused berbagai buah segar dan mengkonsumsinya secara rutin. Soalnya, infused water ini simple banget jika dibandingkan dengan membuat jus. Kalau nge-jus kan ada banyak bagian juicer yang harus dicuci. Sedangkan infused water hanya perlu potong dan cemplungin deh ke botol besar. Kurma, jeruk, apel, semangka, nanas, jambu, timun, stroberi dan delima adalah buah dan sayur favorit yang biasanya aku gunakan. Eits.. satu lagi deng! Ada juga infused water lemon yang menjadi favorit kami.

Apa itu infused water?

Sebenarnya infused water ini sangat sederhana. Ia adalah air putih biasa yang sudah dicelupkan atau direndam di dalamnya beberapa buah, sayur bahkan rempah-rempah. Cocok banget untuk si kicik yang sulit banget mengkonsumi buah.

Sebelum merendam buah tersebut, jangan lupa dicuci bersih terlebih dahulu ya. Teman-teman juga bisa merendam buah/sayur tersebut di rendaman air garam atau cuka selama 15 menit untuk menghilangkan pestisidanya. Setelah dibersihkan, potong-potong sesuai selera. Menurut dr. Zaidul Akbar, infused water ini bisa mulai dikonsumsi setelah direndam selama 6 jam dan maksimal 12 jam.

Manfaat Infused Water Lemon

Detoksifikasi

Manfaat infused water lemon yang pertama adalah proses detoksifikasi tubuh yang lebih mudah. Detoksifikasi merupakan proses membuang zat-zat beracun yang ada di dalam tubuh.  Banyak orang melakukan detoks dengan tujuan ingin hidup lebih sehat sekaligus menurunkan berat badan.

Kenyataannya, tubuh kita rutin melakukan detoksifikasi secara alami. Hati, ginjal, usus, dan paru-paru bekerja setiap hari untuk membersihkan tubuh dari berbagai racun yang masuk kedalam tubuh. Oleh karena itu, cara terbaik mendetoksifikasi tubuh kita yaitu dengan merangsang proses pengeluarkan racun yang optimal.

Kandungan asam sitrat dalam lemon terbukti efektif mengoptimalkan kinerja hati, ginjal dan sistem pencernaan lainnya untuk melakukan proses detoksifikasi.

Melancarkan Pencernaan

Gangguan pencernaan merupakan hal yang sering kita alami sehari-hari. Hidrasi sangat penting untuk kesehatan pencernaan dan menjaga buang air besar secara teratur. Konsumsi makanan berkolesterol, berlemak, dan kurang serat juga dapat menyebabkan tubuh sulit untuk mencerna makanan.

Salah satu manfaat infused water lemon dapat memberikan asupan cairan yang cukup, sehingga proses pencernaan menjadi mudah dan lancar. Bye bye sembelit!

Kulit Jadi Lebih Sehat

Kulit wajah yang sehat merupakan dambaan bagi setiap orang, terutamanya para emak-emak. Banyak banget hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Semua orang juga sudah pasti ngeh banget dengan kandungan vitamin C yang terdapat di dalam lemon. Mengkonsumsi vitamin C dapat mencerahkan kulit, menghindari penuaan dini, mengurangi kerutan di kulit, dan melindungi kulit kita dari sinar matahari.

Meningkatkan Energi

Istirahat yang kurang, jam kerja yang tinggi hingga asupan makanan yang tidak sehat dapat membuat kamu gampang kelelahan. Padahal, sebenarnya tidak sulit untuk menjaga energi tubuh dan tetap tampil produktif untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

Untuk kamu yang cepat merasa lelah atau merasa lemas seharian, cobain deh infused water lemon ini untuk mengambalikan energi dan memperbaiki mood. Apalagi kalau meminum infused water ini dalam kondisi dingin. Segeeer banget loh!

Menjaga kesehatan tubuh di saat pandemi seperti ini bisa kita lakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Selain itu, jangan lupa untuk selalu rajin cek ke dokter jika ada keluhan terkait kesehatan.

Aku ngerti banget ketika pandemi seperti ini, rasanya sulit sekali untuk berkunjung ke rumah sakit. Tapi, jangan khawatir guys! Zaman udah canggih banget sekarang. Untuk bisa berkonsultasi dengan dokter, kamu tidak perlu repot-repot dateng ke RS. Cukup gunakan Halodoc untuk bisa langsung menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dan serunya lagi, bisa dihubungi kapan saja dan di mana saja!

Kebingungan cari obat? Kamu juga bisa membeli di Halodoc dan akan langsung diantar dalam waktu 60 menit. Jadi, ketika sedang tidak enak badan, kamu tidak perlu jalan ke minimarket atau apotik untuk membeli obat. Yang namanya sedang gak enak badan, pastinya hanya ingin gulingan aja di kamar ya kan?

Semoga teman-teman sehat selalu ya!

Love,

Bubunnya Aqeela

1 Comment

  1. Buah lemon memang dari dulu dikenal banyak manfaatnya untuk kesehatan ya kak. Dan bisa untuk diet juga, hehe..
    Btw, halodoc memang platform kesehatan recommended ya. Semua fiturnya sangat mudah diakses. Makasih infonya kak Dian.

    Salam kenal 😀

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.