Level 6 Bunda Sayang: Menstimulasi Kecerdasan Matematika Logis Si Kicik

Hayoooo ngaku, siapa yang sebel ama pelajaran matematika? Kamu? Sama nih, saya juga. Salah satu pelajaran yang paling malesin ya. Dan ketika dihadapkan dengan tema bulan ini yaitu Menstimulasi Kecerdasan Matematis Logis Anak, Bubun-pun panik! Waduh, ini kok tantangannya bikin deg degan ya. Setelah kemarin diperkenalkan dengan berbagai kecerdasan anak, sepertinya yang ini memang akan sangat menantang.

Ternyata, momok yang bikin sakit kepala itu terbantahkan di level ini. Bahwa istilah matematis yang digunakan, bukan mengajak orang tua untuk mengajarkan anaknya ilmu matematika. Tetapi konsep yang sebenarnya justru sangat dekat dengan keseharian kita, yang dikenal dengan matematika logis.

Kecerdasan matematika logis didefinisikan sebagai:

Kemampuan penalaran ilmiah, pehitungan secara matematis, berpikir logis, penalaran induktif/deduktif dan ketajaman pola abstrak serta hubungan satu sama lain.  – Howard Gardner –

Hayoo ngaku lagi, siapa nih orang tua yang langsung membabi-buta mengajarkan pelajaran berhitung sejak dini kepada anaknya?

Dari pengalaman pribadi, kita sebagai orang tua terkadang menginterpretasikan ilmu ini dengan konsep penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan teman-temannya. Padahal, pengenalan konsep ini bukanlah dengan mengenalkan hal tersebut. Berhitung adalah bagian kecil dari sekian banyak stimulus untuk merangsang kecerdasan matematika logisnya. Berarti, bukan teknik berhitungnya yang kita kenalkan tetapi rangsanglah kecerdasan matematika logis si anak.

Gimana caranya?

Banyak banget kok referensi yang bisa kamu gunakan untuk merangsang kecerdasan matematika logis anak. Yuk, kita intip link di bawah ini:

PBS Parents

Hand on as We Grow

Frugal Fun for Boys and Girls

Konsep Tantangan

Untuk tantangan Level 6 Kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional kali ini, saya menggunakan berbagai aktivitas yang disadur dari PBS Parents. Kenapa? Tidak ada alasan yang spesifik kok, hanya aktivitasnya lebih mudah untuk dipersiapkan. Saya mempersiapkan 10 aktivitas yang akan merangsang kecerdasan matematika logis si Kicik yang terbagi pada 6 kategori:

Numbers and Counting

Di sini, anak-anak akan diajarkan melalui rutinitas dan kegiatan sehari-hari yang tentunya harus fun. Tujuannya tentu untuk membangun fondasi dalam pengembangan proses pembelajaran yang lebih kompleks kedepannya.

Problem Solving

Keterampilan memecahkan masalah disini ternyata sangat berkaitan erat dengan matematika logis si anak. Anak akan diajak untuk berfikir menyelesaikan masalah dengan mengembangkan kemampuan problem solving dan number sense.

Patterns

Ketika kita belajar lebih dekat melihat apa yang ada di sekitar kita, patterns ternyata hal yang sangat mudah kita temui. Mulai dari pola pada warna, bentuk, suara bahkan pada kegiatan sehari-hari.

Shapes

Mengenal dan memahami bentuk menjadi akar dalam memahami geometri di kemudian hari. Tidak hanya sekedar memahami bentuk segitiga atau persegi, tetapi mereka juga diajak untuk mengenal bentuk tiga dimensi.

Spatial Skills

Penalaran spasial juga penting untuk kita rangsang untuk meningkatkan pemahaman matematika logis si kecil. Banyak banget loh aktivitas seru yang bisa dilakukan untuk meningkatkan skill yang satu ini.

Measurement

Panjang, tinggi, suhu, waktu dan banyaaaaaak lagi yang bisa kita singgung untuk tema ini.

Di akhir tantangan nanti, akan saya masukkan link laporan aktivitasnya di setiap kategori di atas ya.

Yuk jelajah aspek matematika si kecil dengan berbagai aktivitas yang fun! Siap-siap ibunya yang (mungkin) akan ketagihan membuat aktivitas seperti ini ya.

Love,

Bubunnya Aqeela

Sumber bacaan:
Materi Level 6 Kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional. 2018. Stimulasi Matematika Logis Anak.

Please care to leave nice comment :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.