Tips Membeli Mobil Bekas atau Seken di Malaysia

Setelah berhasil menjual mobil kesayangan kami, kisah pencarian mobilpun dimulai. Dengan pertimbangan keluarga yang kerap datang, maka kami berencana untuk mencari mobil 7-seater. Yang berarti “Mobil besar = Harga mahal”. Dan untuk mencari mobil yang masuk dalam budget kami, hanya ada 2 pilihan mobil lokal Malaysia yaitu Proton Exora atau Perodua Alza. Harga baru dari kedua mobil ini sebenarnya cukup tinggi dan di luar budget kami. Sehingga, akhirnya jatuhlah pilihan untuk mencari mobil bekas atau seken. Dari kedua brand mobil tersebut, Perodua Alza menjadi pilihan kami.

Riset

Dalam membeli sebuah barang (terutama barang dengan harga yang tidak murah), kami selalu melakukan riset terlebih dahulu sebelum menjatuhkan pilihan. Risetnya cukup panjang loh. Maklum, dananya kan terbatas. Setelah melihat beberapa website dan aplikasi penjual mobil, kami mulai mengerucutkan pilihan mobil kepada model, tahun pembuatan hingga jumlah kilometer.

Proses

Down Payment

Ketika merasa sudah cocok dengan mobil yang dipilih, langsung kasih saja DP yang tidak terlalu besar. Kenapa? Karena kita masih belum tau detail lebih lanjut mobil tersebut. Jika sudah memberikan DP, maka pihak dealer akan meminta PUSPAKOM untuk melakukan inspeksi. Inspeksi ini penting karena di sinilah kita bisa mengetahui apakah mobil yang akan kita beli adalah mobil sambung. Lalu buatlah perjanjian, seandainya jika tidak lulus di PUSPAKOM maka batalkan perjanjian pembelian dan meminta DP untuk dikembalikan. Dengan adanya pengecekan PUSPAKOM ini, kita jadi tidak membeli kucing dalam karung kan ya.

JPJ

JPJ ini semacam Dishub di Indonesia. Di sini kita akan melakukan tukar nama kendaraan. Sebagai pembeli, biaya JPJ akan dibebankan kepada pembeli mobil. Nah, diperlukan negosiasi yang ciamik untuk kamu bisa lepas dari beban ini. Untuk mobil, biaya yang dikeluarkan adalah RM250. Jika memang kamu yang akan membayar biaya ini, siapkan terlebih dahulu uang untuk tukar nama ini ya.

Pembayaran

Setelah tukar nama selesai, proses pembayaran barulah dilakukan. Yang perlu kalian ketahui, ketika proses tukar nama ini berlangsung, road tax mobil akan ikut hangus. Sebaiknya mobil sudah terparkir manis di garasi rumah sebelum proses tukar nama. Menghindari adanya polisi di tengah jalan yang mengecek road tax mobil yang sudah mati tersebut.

Pembelian Asuransi dan Road Tax

Di Malaysia, asuransi kendaraan itu WAJIB. Jika kita tidak memiliki asuransi kendaraan, maka road tax mobil tidak bisa terbit. Di JPJ, ada juga agen asuransi yang bisa membantu kamu untuk segera menyiapkan asuransi dan road tax. Namun saya menghindari ini karena agen asuransi di JPJ ini menjual premi dengan harga yang lebih tinggi. Saya biasanya membeli asuransi langsung ke website MyEg atau Bjak. Di sana saya bisa customized sendiri dan menyesuaikan dengan kebutuhan pribadi sehingga bisa menekan harga premi. Setelah membeli asuransi secara online di platform tersebut, data kita akan di transfer ke website JPJ untuk proses pembuatan road tax. Dalam waktu beberapa hari, road tax akan sampai ke kotak pos kamu.

What We Did

Untuk menghindari semua keribetan, terutamanya jika berhubungan dengan dealer biasa, kami memutuskan untuk membeli mobil bekas di dealer resmi Perodua. Perodua memiliki pilihan mobil bekas yang disebut dengan Perodua Pre Owned Vehicle (POV). Dealer Perodua ini baru ada satu saja yang berlokasi di Jalan Pahang, Kuala Lumpur. Terdapat banyak sekali pilihan mobil Perodua dengan berbagai model dan tahun pembuatan, mulai dari mobil berumur 2 hingga 10 tahun.

Kenapa Kami Memilih Mobil Bekas?

  1. Perodua POV memberikan garansi resmi Perodua terhadap mobil yang mereka jual. Untuk mobil dengan umur 5 tahun kebawah, garansi resmi seperti mobil baru masih ada. Namun untuk umur mobil di atas 5 tahun, Perodua memberikan garansi resminya 1 tahun seperti mesin, gear box, dan sebagainya.
  2. Karena ini resmi dari Perodua, mereka meng-claim bahwa semua mobil yang dijual ini sudah dicek secara keseluruhan.
  3. Interior dan exterior mobil sudah dipercantik.
  4. Ketenangan hati jika memilih dealer resmi seperti ini.
  5. Memiliki record servis resmi di service center Perodua.

Namun, harga di Perodua POV ini memang lebih mahal dibandingkan dengan harga di dealer biasa. Range perbedaan harga yang kami lihat mulai dari RM1000-3000.

Alhamdulillah di Perodua POV kami bertemu dengan jodohnya. Sebuah mobil Alza yang baru berumur 2 tahun dengan kilometer yang sangat rendah sekali. Bahkan beberapa bagian mobil, masih di plastikin loh. Mendengar kabar dari sales person di Perodua yang bercerita bahwa pemilik mobil sebelumnya adalah orang Jepang yang menggunakan mobil ini hanya untuk pulang pergi ke kantornya saja. Wah… rezeki banget bisa dapet owner sebelumnya yang pintar menjaga barang.

Tips Membeli Mobil Bekas

  1. Membawa orang yang dipercayai untuk bisa melakukan inspeksi mobil sebelum membeli jika kamu tidak tahu apapun soal mobil dan mesinnya.
  2. Hindari dealer mobil bekas di pinggir jalan. Dari pengalaman pribadi, dealer mobil banyak sekali menaikkan harga serta penambahan hidden cost yang terkadang tidak kita sangka. Ditambah lagi, keyakinan akan apakah mobil ini ada yang rusak atau tidak.
  3. Budget harus dilebihkan untuk mempersiapkan perbaikan yang dilakukan, baik major maupun minor. Contohnya, jika kalian memiliki dana RM40.000 dan ingin mencari mobil bekas atau seken, jangan mencari mobil dengan harga tersebut. Pilihlah mobil dengan harga di bawah itu sehingga ada uang ekstra yang bisa kamu gunakan untuk membetulkan kerusakan yang ada.
  4. Tidak hanya kerusakan, kamu juga perlu mempersiapkan dana untuk tukar nama di JPJ, biaya asuransi mobil dan road tax.

Update Terbaru

Bulan lalu, ada suara yang cukup mengganggu di mobil kami. Usut punya usut, ternyata ada masalah dengan steering rack. Pihak Service Centre Perodua melihat bahwa steering rack dan power steering system harus diganti dan masih di tanggung garansi. Mereka juga sangat profesional dan efisien ketika melakukan perbaikan ini. Alhamdulillah.

Tertarik membeli? Kamu bisa langsung ngintip ke akun IG salah satu sales resmi Perodua POV di bawah ini ya! Kami bertransaksi dengan Cik Bella dan sangat puas dengan servis yang diberikan.

Selamat hunting!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.